Cara Tepat Mengajari Anak Akan Bahaya Narkoba

Cara Tepat Mengajari Anak Akan Bahaya Narkoba – Saat ini banyak sekali media massa yang memuat beragam kasus mengenai narkoba yang memprihatinkan para orang tua.

Karena sebagian kasus narkoba melibatkan kalangan remaja. Karena itu banyak orang tua yang merasa khawatir dengan masa depan anak-anak mereka. Yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara mencegahnya?

Untitled

Salah satu yang harus dilakukan orang tua sebagai yang terdekat pada anak adalah dengan memberikan pengertian dan pemahaman mengenai bahaya dari narkoba.

Akan tetapi dalam memberikan informasi Anda juga harus berhati-hati untuk menghindari kerancuan pemahaman dari anak Anda.

Berikut adalah beberapa cara efektif yang bisa coba Anda lakukan dalam memberikan pemahaman mengenai bahaya narkoba pada anak Anda:

  1. Menjadi teman bagi anak

Sebenarnya banyak kasus narkoba terjadi diakibatkan karena anak kekurangan kasih sayang dan perhatian dari orang tua.

Banyak dari mereka yang mengaku dan terlihat memiliki keluarga yang sangat harmonis akan tetapi banyak dari orang tua mereka yang sering bertengkar dihadapannya.

Ada juga pelampiasan yang mereka lakukan adalah karena merasa dianggap broken home karena oran tuanya bercerai.

Untuk itulah kedekatan orang tua dan anak sangatlah penting. Dengan terbentuknya kedekatan dengan orang tua maka anak akan merasa nyaman.

Dengan kenyamanan inilah anak tidak akan merasa canggung untuk mengatakan apa yang sebenarnya terjadi dengan dirinya. Ia akan dengan mudah terbuka untuk mengatakan masalah yang erjadi padanya sehingga tidak akan ada pelampiasan menuju narkoba yang dapat menjeratnya.

  1. Berikan pemahaman bahwa teman bukanlah segalanya

Memiliki beberapa teman dekat yang dianggap sahabat memang sangatlah wajar pada anak remaja. Akan tetapi justru yang juga perlu diwaspadai adalah teman dekat.

Karena sahabat akan sangat mudah memiliki akses dengan anak Anda untuk dapat melakukan apapun karena mereka saling memiliki kepercayaan.

Awalnya memang hanya karena ingin mengikuti dan coba-coba, tapi pada akhirnya narkoba tetap memberikan efek buruk yang tidak mudah untuk ditanggulangi.

Untuk itu berikan pemahaman pada anak ANda bahwa teman bukanlah tempat segalanya. Karena tempat yang paling aman dan memberikan kenyamanan hanyalah keluarga.

  1. Tidak mudah menerima pemberian orang asing di sekolah

Selain itu maraknya penyelundupan narkoba juga harus menjadi kewaspadaan orang tua. Berikan pula pemahaman pada anak untuk selalu berhati-hati dengan orang asing yang memberinya sesuatu saat di sekolah.

Terutama pemberian dalam bentuk pil. Hal ini untuk menjaga anak Anda dari dampak buruk peredaran narkoba.

  1. Jangan menggurui

Ketika Anda berusaha memberikan pemahaman mengenai bahaya narkoba jangan sekali-kali Anda mengungkapkannya menggunakan kalimat dan nada yang keras atau terkesan menggurui.

Baca Artikel Lainnya :

Karena remaja adalah masa dimana ia sangat ingin tahu tentang suatu hal yang belum diketahuinya tetapi tidak suka bila diajari seolah Anda merasa tahu segalanya. Untuk itu berikanlah pemahaman dengan cara Anda menjadi seperti seorang teman.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *