Cara Tepat Mengusir Hama dengan Menggunakan Semut

semCara Tepat Mengusir Hama dengan Menggunakan Semut – Semut seringkali diusir masyarakat bila menempel pada tumbuhan. sebenarnya semut tidak selalu memberikan dampak negatif terhadap tanaman yang dikerumuninya. Ada beberapa hama yang dapat diatasi dengan menggunakan semut. Tidak selalu hama tnaman harus diatasi dengan pestisida yang berbahaya juga bagi tumbuhan. Ada kalanya hama tersebut akan hilang dengan dibasmi oleh predatornya. Semut merupakan salah satu predator untuk mengatasi hama, seperti:

  • Virus , jamur yang menimbulkan penyakit pada tanaman.
  • Ulat pengganggu pertumbuhan buah.
  • Ulat daun yang memakan daun pada tanaman.
  • Kepik hijau yang memakan daun tanaman.
  • Kutu-kutuan yang ada pada tanaman coklat, mete dan jeruk.

Tidak semua semut dapat digunakan dalam mengusir hama, semut yang biasanya digunakan dalam membasmi hama adalah semut rang rang. Semut rang rang mempunyai kelebihan khusus dalam membasmi hama. Semut ini memiliki peran sebagai biokontrol bagi tanaman buah. Dengan adanya semut rang rang dapat mengurangi penggunaan para petani terhadap pestisida dalam hal mengatasi hama yang ada pada tanaman.

Untuk menggunakan semut rang rang dapat membeli sarang pada penjual-penjual sarang semut tersebut atau membuat sebuah sarang agar semut rang-rang tersebut bermunculan. semut ini biasanya bermunculan pada udara yang bersih karena ia memiliki keahlian khusus untuk membedakan udara mana yang bersih dan tidak bersih. Setelah mendapatkan sarang semut tersebut, letakkan sarang semut rang rang pada tanaman yang diserang hama. Maka semut tersebut akan memangsa hama tersebut secara berkoloni. Peran semut rang-rang untuk mengatasi hama pada tanaman ini disebut biological control/biokontrol.

Semut ini membasmi hama dengan cara jalan menyerang dan membunuh hama yang merugikan tanaman. Semut itu setelah menyelesaikan tugasnya untuk membunuh hama akan kembali ke sarangnya dengan cara memberikan umpan pada sarang agar mereka tidak menyerang tanaman yang sedang bertumbuh. Dengan cara pengendalian tersebut maka hama tanaman akan teratasi secara alami tanpa bahan kimia. Untuk mengatasi hama itu jika muncul kembali akan lebih baik jika petani tumbuhan itu memelihara sarang semut tersebut karena semut rang rang juga dapat mengatasi hama yang berupa jamur dan virus yang merupakan hama tanaman yang merugikan dan sulit untuk dibasmi beberapa petani pada umumnya.

Baca Artikel Lainnya :

 

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *