Cara Terbaik dalam Mencegah Hipertensi

Penyakit tekanan darah tinggi atau yang biasa disebut dengan hipertensi adalah suatu penyakit naiknya tekanan darah yang ada pada pembuluh darah, dan juga masuk kedalam periode waktu yang cukup lama.

Penyakit hipertensi itu sendiri, dapat disebabkan oleh suatu penyempitan pembuluh darah, sehingga hal tersebutlah yang dapat menimbulkan timbunan lemak dan juga zat – zat lain. Untuk dapat mengetahui apakah seseorang tersebut terkena hipertensi atau tidak, ternyata dapat diketahui melalui sebuah kontrol tekanan darah.

t-56

Dari hal tersebut, ada dua buah tipe pengukuran dari tekanan darah sewaktu jantung mengalami sebuah kontradiksi, akan tetapi diastole, atau yang memiliki arti dari tekanan darah waktu jantung beristirahat ataupun saat relaksasi.

Tekanan darah yang normal pada manusia yaitu, berkisar antara 90 sampai 120 untuk sistolik, dan juga 60 sampai 80 untuk diastolik. Jika tekanan darah tersebut melebihi angka yang sudah disebutkan, maka sudah dapat dipastikan, dia terkena penyakit hipertensi atau darah tinggi.

Dari sebuah kontrol tekanan darah, biasanya dikerjakan oleh para dokter dengan memakai alat yang dinamakan shpigmomanometer atau juga yang biasa dikenal dengan nama tensimeter. Penyakit hipertensi ternyata dapat mengakibatkan penyakit lainnya, seperti jantung koroner dan juga gagal ginjal.

Dan adapun tentang beberapa faktor dari penyebab hipertensi itu sendiri, yang diantaranya adalah faktor keturunan, usia, pikiran yang kerap stress, terlalu banyak konsumsi garam, jarang melakukan olahraga, dan juga yang terakhir adalah faktor kegemukan atau yang biasa disebut sebagai obesitas. Berikut adalah beberapa cara untuk dapat menurunkan hipertensi:

  1. Makanan omega 3

Omega 3 ternyata dapat menurunkan tekanan darah dan penyembuhan hipertensi, seperti kacang-kacangan, salmon, dan sayuran hijau.

  1. Konsumsi suplemen potassium atau kalium 2-4 gram perhari.

Potasium itu sendiri terdapat dalam buah-buahan ataupun sayuran seperti alpukat, pare, bligo, labu siam, mentimun, lidah buaya, seledri dan lain-lain.

Baca Artikel Lainnya :

  1. Hindari garam

Jauhilah makanan yang banyak mengandung garam, karena garam dapat memicu dari penyakit hipertensi itu sendiri.

 

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *