Cara Terbaik Membuat Makanan Lemper Agar Tidak Mudah Basi

Panganan lemper biasanya banyak dijumpai untuk hajatan atau sajian di pesta-pesta pernikahan adat Jawa. Jajanan khas tradisional Jawa ini terbuat dari beras ketan, kemudian di dalamnya diisi suwiran daging ayam atau kadang daging sapi.

d 40

Rasanya sungguh gurih dan nikmat, terlebih lemper memiliki “baju hijau” dari lembaran daun pisang yang ikut dikukus bersamaan ketika membuat lemper.

Alhasil, tidak hanya penampilannya yang memikat namun aroma beras ketan, daging dan daun pisang berpadu menciptakan sebuah aroma wangi yang mengundang selera.

Hanya saja masalahnya, panganan lemper ini seringkali tidak tahan lama alias cepat basi. Sungguh sangat sayang apabila lemper yang sudah dibuat susah-payah, ketika akan disajikan pada para tamu menjadi basi dan tidak layak dikonsumsi.

Tenang, hal ini jangan sampai membuat Anda cemas. Berbekal tips-tips berikut, panganan lemper bisa dibuat lebih awet alias tidak mudah basi. Simak yuk…

Cara terbaik membuat makanan lemper tidak mudah basi:

  • Dikukus sampai beras ketan tanak
  1. Kunci utama agar lemper lebih awet adalah memasak beras ketan dengan cara dikukus hingga benar-benar tanak. Yaitu sekitar 30-35 menit. Langkah-langkahnya sebagai berikut:
  2. Pertama, cuci beras ketan sampai bersih.
  3. kemudian, siapkan panci dan rebus santan hingga mendidih.
  4. Masak beras ketan tadi dengan santan hingga santan terserap habis atau nasi ketan menjadi aron.
  5. Siapkan kukusan atau dandang untuk mengukus nasi ketan aron ini.
  6. Jika kukusan sudah mengepulkan uap panas, masukkan nasi ketan aron dan kukus hingga nasi ketan aron benar-benar tanak atau matang.
  7. Sekarang, untuk membuat isian daging ayam yang disuwir. Caranya, cukup mencampurkan air santan dengan daging ayam disuwir, lalu terus diaduk hingga airnya habis dan daging ayam kering. Jangan sekali-kali membiarkan isian agak basah agar lemper lebih awet.
  8. Bungkus lemper dengan daun pisang, lalu taruh di lemari es.
  9. Jika ingin menikmati, cukup dihangatkan atau dikukus dalam penanak nasi otomatis (magic jar).

Tips-tips di atas akan membuat lemper lebih bertahan lama hingga 3-4 hari. Selamat mencoba tipsnya.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *