Cara Yang Digunakan Untuk Mencari Arah Tanpa Kompas

Pembahasan kali ini, akan sangat membantu kita yang terbiasa untuk berkegiatan di alam terbuka seperti mendaki gunung, alam terbuka, pecinta alam, pengembara, penjelajah hutan, pelaut, atau menjelajahi tempat yang asing dimana sangat jarang adanya pemukiman penduduk.

Sebab ketika akan melakukan kegiatan di alam bebas, kita diwajibkan untuk membawa alat navigasi berupa kompas atau gps yang digunakan sebagai penunjuk arah. Alat navigasi tersebut sangat diperlukan untuk menentukan arah ketika tersesat dan tidak mengetahui arah yang harus kita tuju.

t-87

Akan tetapi, terkadang kita sering kali lupa atau melupakan untuk membawa alat navigasi tersebut dan baru menyadarinya ketika sudah tersesat di tempat yang tidak dikenal.

Namun jangan khawatir, karena masih ada beberapa cara yang dapat kita gunakan untuk mencari arah mata angin tanpa menggunakan bantuan alat navigasi baik kompas atau gps. Berikut beberapa cara yang dapat kita gunakan untuk mengetahui arah mata angin;

  • Menggunakan Kompas Sederhana;

Cara ini merupakan yang paling direkomendasikan, karena sudah sering digunakan dan dilakukan oleh orang-orang yang tersesat di daerah yang tidak mereka kenal dengan membuat kompas sederhana.

Cara ini juga sudah kita kenal ketika memasuki bangku sekolah dasar, ketika mempelajari pelajaran Ipa atau mengikuti kegiatan Pramuka. Untuk membuat kompas sederhana, kita hanya membutuhkan jarum atau silet dan gabus.

Langkah yang harus dilakukan adalah gosok bagian ujnung silet ke permukaan yang kering, kemudian kamu tusukkan ke gabus dan letakkan di atas permukaan air. Jarum dan gabus tersebut akan mengapung diatas air, sehingga kita dapat mengetahui arah mata angin yang ditunjukan oleh jarum tersebut.

  • Melihat Kuburan;

Cara ini agak terlihat menyeramkan, karena kita diharuskan untuk melihat posisi kuburan Nasrani dan Muslim. Umumnya, bagian nisan akan menghadap kearah barat.

Sehingga kita dapat menentukan arah yang kita tuju dan menjadikan pemandu untuk menentukan arah mata angin lainnya.

  • Melihat Bayangan Benda;

Selain membuat kompas sederhana, mungkin cara ini adalah salah satu cara untuk menentukan arah mata angin yang sangat simple. Karena jika pagi hari matahari akan terbit dari arah timur, maka arah benda akan menuju kearah barat dan begitu juga dengan sebaliknya.

  • Melihat Jarum Jam;

Mungkin cara ini masih asing, tetapi lumayan akurat untuk mencari arah mata angin. Misal ketika tersesat jam tangan menunjukan jam 09.30, kita hanya perlu mengarahkan angka 12 kearah matahari dan titik pertengahan antara angka 12 dan jarum pendek akan mengarah ke utara.

  • Memanfaatkan Pohon;

Cara ini sangat dianjurkan ketika tersesat di alam terbuka terutama pada hutan belantara yang sangat lebat. Kita bisa memanfaatkan pohon untuk menentukan arah mata angin. Pada daerah beriklim utara, lumut akan tumbuh di sisi bagian utara batang pohon dan bagian yang lebih rimbun.

  • Melihat Rasi Bintang Di Langit;

Cara yang terkhir adalah dengan melihat rasi bintang di atas langit, namun cara ini hanya dapat dilakukan ketika malam hari saja. Meski hanya dapat dilakukan ketika malam hari, ternyata cara ini sangat akurat untuk menetukan arah mata angin saat kita tersesat.

Baca Artikel Lainnya :

Kita hanya perlu mencari rasi bintang orion, sebab rasi bintang tersebut adalah perpaduan antara tiga bintang terang dan membentuk mirip seperti ekor kalajengking serta selalu menunjukan kearah barat.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *