Carl Linnaeus, Seorang Ilmuwan Swedia

Carl Linnaeus, Seorang Ilmuwan Swedia – Carl Linnaeus lahir pada tanggal 23 Mei 1707 di desa Rashult, Smaland, Swedia. Carl Linnaeus merupakan seorang ilmuwan di bidang botanical, zoology dan juga seorang dokter yang membuat dasar – dasar untuk skema penamaan biologi modern yang dikenal dengan Binomial Nomenclature.linneaus

Carl Linnaeus dikenal sebagai bapak dari taksonomi modern yang dikenal saat ini dan juga dianggap sebagai salah satu bapak di bidang ekologi modern. Banyak tulisannya ditulis dalam bahasa latin dan namanya diubah dalam bahasa latin sebagai Carolus Linnaeus kemudian menjadi Carolus a Linne setelah tahun 1761.

Carl Linnaeus menerima kebanyakan pendidikan tingginya di Uppsala University dan mulai memberikan pengajaran dalam bidang botani di universitas tersebut di tahun 1730.

Carl Linnaeus tinggal di luar negeri sejak tahun 1735 hingga tahun 1738 dimana Carl Linnaeus belajar dan juga mempublikasikan edisi pertama dari bukunya yang berjudul Systema Naturae di Belanda. Carl Linnaeus kemudian kembali ke Swedia dimana di Swedia Carl Linnaeus menjadi seorang professor dalam bidang kesehatan dan botani di Uppsala University.

Di tahun 1740an, Carl Linnaeus dikirim dalam beberapa perjalanan di luar Swedia untuk menemukan dan mengklasifikasikan hewan – hewan dan tanaman – tanaman.

Di tahun 1750an dan 1760an, Carl Linnaeus melanjutkan untuk mengoleksi dan mengklasifikasikan hewan, tanaman dan mineral serta mempublikasikan beberapa volum. Pada saat kematiannya Carl Linnaeus merupakan datu dari ilmuwan yang paling dihargai di Eropa.

Filsuf Swedia Jean-Jacques Rousseau mengirimkan pesan kepada Carl Linnaeus yang berisi ‘katakan padanya saya tahu orang yang paling hebat di dunia’. Penulis Jerman Johann Wolfgang von Goethe menulis ‘dengan pengecualian Shakespeare dan Spinoza, saya tahu tidak ada diantara yang masih hidup yang telah mempengaruhi lebih dari dia’.

Berita Amerika Time menyebutkan Carl Linnaeus ke dalam daftar seratus orang paling berpengaruh di dalam sejarah manusia di urutan ke 31 dan nomor lima dalam daftar ilmuwan yang paling mempengaruhi di dalam sejarah manusia.

Di dalam bidang Botani, seorang autor menggunakan indikasi Linnaeus sebagai autiriti untuk penamaan spesies dengan huruf L. di publikasi lama kadang – kadang menggunakan singkatan Linn. Karena jasa – jasanya khususnya di bidang ilmu pengetahuan Botani.

Ulang tahun Carl Linnaeus telah ditandai sebagai perayaan utama di negaranya. Carl Linnaeus muncul di berbagai perangko di Swedia dan lain sebagainya. Terdapat banyak patung diri Carl Linnaeus di Negara – Negara di dunia. Linnean Society of London memberikan penghargaan medali Linnean karena keekselenannya di bidang Botani atau Zoologi sejak tahun 1888.

Terdapat universitas bernama Linnaeus University. Banyak lagi nama mineral ataupun genus dari tanaman tertentu yang menggunakan namanya dibelang pada penamaan genus. Di bulan Desember 1777, Carl Linnaeus mengalami stroke, namun ini bukan yang pertama kalinya karena sebelumnya memang Carl Linnaeus telah menderita sakit serupa sebelumnya.

Hal ini juga lah yang menjadi penyebab kematiannya pada tanggal 10 Januari 1778 di Hammarby.

Baca juga : Frederick Gowland Hopkins, Ilmuwan Asal Inggris

Loading…

2 thoughts on “Carl Linnaeus, Seorang Ilmuwan Swedia

  1. Pingback: Adam Smith, Ahli Ekonomi Kapitalis | Joko Warino Blog

  2. Pingback: Niels Ryberg Finsen, Penemu Fototerapi dalam Kedokteran | Joko Warino Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *