Cek Kondisi Kesehatan Melalui Cairan Hidung

Cek Kondisi Kesehatan Melalui Cairan Hidung – Hidung adalah salah satu indera dengan fungsi yang luar biasa. Melalui hidung, kita dapat mencium aroma lezat dari makanan, wanginya parfum, dan bahkan bau yang menyengat dari berbagai hal.

Untitled

Begitu hebatnya hidung membuat kita mampu mencium kurang lebih 10 ribu bau yang berbeda dari berbagai macam objek. Hidung juga memiliki fungsi yang sangat unik dan pastinya bermanfaat.

Contohnya aja penggunaan penciuman anjing guys. Banyak orang menggunakan kemampuan luar biasa dari hidung anjing untuk mengenali banyak objek hingga melacak para penjahat yang melarikan diri, benar-benar menakjubkan kan ?

Dan tahukah kamu kalau ternyata lendir yang dihasilkan oleh dinding saluran pernapasan kita, dapat digunakan sebagai first identification dalam melihat kondisi kesehatan loh. Caranya gampang banget, liat aja warna dan viskositasnya, juga tekstur yang terlihat.

Warna lendir yang bening dan agak kental

Ingus yang terlihat bening dan agak kental berarti kondisi kamu sehat nih guys. Jadi jangan panic kalo tiba-tiba kamu mengeluarkan lendir yang bening ini, kamu 100% sehat kok. Lendir mampu menciptakan lapisan yang mampu membunuh bakteri, virus, parasite, maupun allergen yang masuk ke saluran pernapasan melalui hidung.

Begitu pentingnya keberadaan lendir ini membuat kita perlu menjaga kesehatannya. Dengan menjaga kelembaban dengan minum air putih, sudah cukup menjaga produksi lendir tetap berjalan.

Lendir berwarna putih

Jika kamu terkena demam, pasti akan keluar lendir berwarna putih dari hidung kita. Ya, lendir itu merupakan tanda kalo kita terinfeksi virus influenza nih. Kenapa sih lendir kita berubah warna ketika flu ? Ternyata infeksi virus flu ini akan membuat saluran pernapasan meradang dan kehilangan kelembabannya. Itulah mengapa lendir akan berubah menjadi putih.

Lendir berubah menjadi kuning atau hijau

Perubahan warna yang terjadi pada ingus ternyata dapat menandakan sumber infeksi loh. Kamu pasti tidak pernah mengira kalo lendir kita berubah menjadi hijau, berarti ada infeksi dari bakteri. Dan jika menjadi kuning, tandanya kamu terkena infeksi virus, sangat unik bukan ?

Dan ingus yang muncul tersebut akan bergantung pada seberapa parah radang yang terjadi. Bisa juga munculnya perubahan warna ini juga dikarenakan respon tubuh dalam melawan benda asing yang masuk. Atau dapat juga itu merupakan sel darah putih yang siap bertempur melawan bakteri atau virus yang masuk.

Lendir berubah menjadi hitam

Jika suatu ketika ingus kamu berubah menjadi hitam nih, segerakan deh periksakan kondisi kamu ke dokter. Perubahan lendir ini disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah terlalu banyak menghirup polutan. Tetapi, ada infeksi jamur tertentu yang menyebabkan perubahan ingus menjadi hitam. Warna hitam timbul akibat keluarnya sel kulit mati hasil infeksi jamur.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *