Cerdik Olah Sampah untuk Lestarikan Lingkungan

Cerdik Olah Sampah untuk Lestarikan LingkunganSampah memang tidak bisa di jauhkan dari kehidupan Kita, bahkan sebenarnya setiap hari Kita selalu menghasilkan sampah. Sampah dibedakan menjadi 2 yaitu sampah organic serta anorganik.

Untitled

Dua sampah ini sebenarnya memiliki manfaat yang sangat besar bila Kita lebih ulet dalam pengolahannya. Tidak hanya mengurangi sampah, bila mau Anda bisa menghasilkan lembaran rupiah dari kedua jenis sampah ini.

Sampah organik

sampah jenis ini ialah sampah yang berasal dari sisa-sisa alam, contohnya hewan, tumbuhan serta manusia, sampah ini ialah sampah yang ramah lingkungan karena bakteri yang terdapat di dalam sampah ini mampu di uraikan dengan waktu yang singkat. Contoh sampah ini ialah dedaunan, batang bangkai tumbuhan atau hewan, sisa makanan. Lebih mudah jika di sebut segala sesuatu yang berasal dari makhluk hidup.

Beberapa cara untuk mengolah sampah ini, ialah digunakan sebagai pupuk, caranya ialah:

  • Siapkan sampah yang akan Anda proses menjadi pupuk kompos sampah ini bisa berupa sayuran atau buah-buahan yang sudah akan membusuk, potong sampah tersebut menjadi bagian yang lebih kecil, semakin kecil sampah maka semakin baik prosesnya ,
  • Campurkan segala bahan tersebut dengan pupuk kandang, biasanya yang paling mudah di gunakan ialah kotoran sapi atau kambing,
  • Setelah di campurkan jangan lupa untuk menambahkan larutan gula di dalamnya, banyaknya larutan gula juga bergantung pada banyaknya sampah yang akan Anda proses,
  • Siapkan pula larutan EM4, kurang lebih 10ml. campurkan segala bahan tersebut hingga merata,
  • Setelah itu masukkan ke dalam wadah dan tutup rapat. Proses fermentasi ini akan memakan waktu hingga 1 bulan lamanya. Setelah kurang lebih dua hingga 3 bulan pupuk akan bisa digunakan.

Sampah anorganik

Sebenarnya sampah jenis ini banyak mengganggu lingkungan. Sampah ini memang tidak mudah di uraikan, bisa di uraikan pun membutuhkan waktu yang sangat lama, bentuknya bisa kaleng, plastic bekas ataupun kertas-kertas bekas. Salah satunya cara yang bisa di gunakan untuk memperkecil kerusakan yaitu dengan memanfaatkan sampah ini sebagai bahan kerajinan.

Seperti bungkus sabun yang bisa Kita gunakan sebagai bahan utama tas, atau kaleng yang bisa Kita sulap untuk mainan anak atau hiasan-hiasan kecil. Selain bisa digunakan untuk diri sendiri, hasil kerajinan ini juga bisa Anda manfaatkan untuk dijual.

Manfaat mengolah sampah

Jika Anda teliti, sampah ini bukan hanya menjadi segumpal limbah yang tidak bisa digunakan, namun sampah ini bisa di gunakan untuk memperbaiki lingkungan yang sudah mulai rusak.

Jika Anda mengolah bahan organik, bahkan Anda bisa mendapatkan pupuk yang alami serta tidak berdampak negatif terhadap alam dan tanaman yang Anda tanam. Tentu sangat menguntungkan, apalagi limbah anorganik yang bisa di sulap menjadi barang-barang yang berguna.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *