Cerita Seru Dibalik Lezatnya Waldorf Salad Khas Orang Amerika

Ada satu lagi menu salad khas Amerika Serikat yang telah populer di mancanegara meskipun hanya terdiri dari potongan buah apel tanpa dikupas, cincangan seledri dan siraman saos mayonaise, namanya adalah Waldorf Salad.

Menu ini pertama kali ditemukan dan menjadi asal mula munculnya salad buah ala orang Amerika oleh Oscar Michael Tschirky pada tanggal 9 Maret 1896. Ketika itu ia harus menyajikan salad spesial untuk menyambut perayaan dibukanya cabang baru hotel Waldorf Astoria di New York, Amerika Serikat.

p 13

Selama beberapa abad berlalu sejak pertama kali Waldorf Salad diciptakan dan ditulis dalam  buku – buku resep klasik yang tersebar di New York, salad ini telah berhasil menjadi perbincangan oleh banyak ahli makanan dan koki internasional pada resto – resto mewah di AS.

Hingga akhirnya seorang penulis buku masak kelas dunia bernama Ted James dan Rosalind Cole, mengabadikan menu salad tersebut dalam buku terbarunya bernama The Waldorf Astoria Cook Book dengan tambahan variasi taburan kacang walnut pada resepnya.

Waldorf salad adalah salad tradisional yang berasal dari New York, Amerika Serikat. Hidangan pembuka ini umumnya menggunakan buah apel tanpa dikupas, seledri dan taburan kacang walnut dicincang kasar serta lettuce segar akan terasa lebih nikmat dengan siraman mayones sebagai dressingnya.

Cara Membuat Waldorf Salad Di Rumah

Bahan – bahan / bumbu – bumbu yang wajib anda sediakan adalah :

Bahan utama :

  • 300 gram buah apel hijau, potong kotak tanpa dikupas
  • 2 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok makan air jeruk lemon
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 batang seledri besar, potong – potong ½ cm
  • 30 gram walnut, oven, cincang kasar
  • 6 lembar lettuce segar, sobek – sobek
  • 150 gram mayones

Cara membuat :

Campur apel, gula pasir, air jeruk lemon, dan garam. Aduk rata. Tambahkan batang seledri cincang dan walnut. Aduk rata. Masukkan mayones. Aduk rata. Sajikan dengan dialas lettuce. Untuk 3 porsi.

Sangat mudah bukan membuat salad ini di rumah ? Yang perlu anda perhatikan adalah kondisi buah apel haruslah dalam keadaan segar sebagai bahan dasar campuran salad, sebaiknya rendam buah – buahan yang akan dijadikan sebagai campuran salad dalam larutan air garam dan jangan dikupas sehingga mendapatkan warna buah yang segar dan cantik.

Saus yang digunakan untuk siraman salad biasanya dikenal dengan istilah salad dressing. Walapun biasanya salad jenis ini disajikan dalam keadaan dingin, di Jerman selatan ditemukan waldorf salad yang disajikan dalam keadaan hangat dengan mencampurnya memakai pasta kentang.

Waldorf salad bisa disajikan untuk appetizer atau hidangan pembuka, sebagai side dish atau hidangan pendamping, sebagai main course atau hidangan utama yang biasanya ditambahkan dada ayam atau daging sapi, sebagai dessert atau hidangan penutup yang biasanya menggunakan saos berasa manis dari salad yang berisikan buah segar, gelatin dan / atau krim kocok.

Menurut rangkuman dari berrykitchen.com, kami melaporkan bahwa terdapat 4 macam salad turunan dari waldorf salad yaitu : Grilled Shrimp Salad With Pineapple Dressing, Indian Salad With Grilled Chicken, Mexican Salad With Grilled Chicken dan Tofu Salad With Soya Ginger Dressing. Salad yang mereka buat biasanya tidak mengandung pengawet dan MSG.

Erat kaitannya dengan penjelasan kami tersebut d atas, berrykitchen.com bekerja sama dengan nutritionist dari Amerika, John Baglioni, MPH, RD, CDN memberikan pengarahan kepada konsumen penggemar salad.

Bahwa salad diketahui bagus sebagai media penurunan berat badan, diabetes, penyakit kardiovaskular yaitu penyakit yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah, kolesterol tinggi, gangguan pencernaan, perencanaan makanan untuk vegetarian atau vegan dan yang terakhir adalah untuk permasalahan low energy.

Salad waldorf banyak dikembangkan oleh chef profesional dan ada juga versi chef dari berrykitchen.com dengan approval dari John Baglioni yang percaya bahwa sangat penting untuk menghindari bahan pengawet, penyedap rasa MSG, pewarna makanan dan aditif untuk campuran salad sehingga bisa secara optimal bermanfaat untuk kkesehatan.

Namun sesekali, John Baglioni menekankan boleh menikmati makanan untuk memanjakan perut (sesekali).

Thousand Island

Tak hanya salad saja yang mempunyai asal – usul berupa cerita populer di belakang terciptanya sepiring salad segar, tetapi dressingnya juga memiliki kondisi yang sama yaitu Thousand Island yang terkenal mempunyai kisah unik.

Beberapa literasi menyebutkan bahwa Thousand Island berasal dari Clayton, New York, ditemukan secara tak sengaja oleh seorang pemandu resort saat ia sedang memancing ikan di sebuah sungai lalu memanggang ikan dengan baluran saos ciptaannya sendiri yang belakangan hari diberi nama Thousand Island.

George Lalonde menciptakan dressing itu untuk menemani jamuan makan malam para tamu yang datang berkunjung ke rumahnya setelah usai kegiatan mancing di sungai. Namun, Craig Claiborne, editor kuliner di New York Times, mempunyai versi berbeda lagi.

Menurut Craig, Thousand Island pertama kali ditemukan oleh seorang istri koki yang bekerja di Hotel Drake, New York.

Baca Artikel Lainnya :

Tekstur dressing yang kental dan berasa gurih sangat cocok sebagai teman santap pagi dalam sepiring salad segar yang terbuat dari bahan dasar buah – buahan segar seperti apel, anggur, alpukat, jeruk, berry, dan lain sebagainya.

Begitu pula halnya dengan waldorf salad yang terasa nikmat jika anda variasikan bersama saos Thousand Island.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *