Chester Carlson : Penemu dan Pembuat Mesin Fotocofy Pertama kali

Chester Carlson : Penemu dan Pembuat Mesin Fotocofy – Ketika Anda membutuhkan salinan dari suatu dokumen, Anda pasti melakukan duplikasi dengan menggunakan mesin fotokopi karena lebih mudah. Kemudahan tersebut tidak akan didapatkan jika tidak karena Chester Carlson.

Untitled

Chester Flood Carlson atau yang lebih dikenal dengan nama Chester Carlson lahir di Seattle, Washington, Amerika Serikat pada tanggal 8 Februari 1906. Chester kehilangan ibunya saat berusia 17 tahun dan 21 tahun ketika ayahnya yang mengidap TBC meninggal.

Chester menyelesaikan pendidikan di California Institute of Technology dan kemudian bekerja di perusahaan yang memproduksi barang elektronik. Pertama kali bekerja pekerjaannya adalah sebagai penyalin dokumen di perusahaan analisis paten.

Karena merasa kesusahan, Chester berpikiran untuk mempercepat melakukan pekerjaannya dengan membuat alat yang mampu untuk mencetak dokumen secara berulang. Setelah membaca berbagai macam referensi mengenai mesin cetak, ia akhirnya menemukan konsep elektrofotografi atau yang lebih dikenal dengan nama mesin fotokopi.

1938, eksperimen kecil dilakukan dengan memanfaatkan karbon atau bubuk jelaga dan bantuan penyinaran cahaya dan memindahkan tulisan dari medium yang satu ke medium yang lainnya.

Chester juga menggunakan konsep Phoco-conductivity yang merupakan proses perubahan elektron jikalau terkena cahaya. Dari percobaan tersebut, Chester menemukan jika gambar mampu untuk digandakan dengan menggunakan proses perubahan elektron. Namun sebagian literatur menyebutkan jika temuan Chester untuk menciptakan proses mengkopi dengan energi elektrostatik yang disebut dengan xenography.

Dari bahasa latin radical xeros yang berarti kering dan graphos yang artinya menulis, proses xenography tidak menggunakan atau melibatkan cairan kimia dan berbeda dengan teknik dan teknologi sebelumnya. Dari metode tersebut pula, Chester menemukan cara merombak paradigma penulis ulangan pada sebuah dokumen yang nantinya disebut dengan fotokopi. Teknik tersebut kemudian dipatenkan pada tanggal 6 Oktober 1942.

Penyempurnaan terus dilakukan walaupun sebagian besar tidak meminati karena dianggap tidak menjanjikan. Kodak, IBM dan General Elektrik mengolah mesin fotokopi yang dibuat oleh Chester Carlson hingga akhirnya mendapatkan mitra pertama yang bersedia memodali dana dan usaha yaitu Batelle Memorial Institute.

Keduanya akhirnya berhasil untuk meyakinkan Haloid, perusahaan menengah Haloid Corporation yang berada di New York. Haloid akhirnya mau menjadi mitra pengembangan mesin fotokopi tersebut dan akhirnya diubah namanya menjadi Xerography karena nama sebelumnya dianggap kurang komersil. Mesin tersebut menjadi lebih terkenal setelah diadopsi Xerox Corporation.

Xerox 914 merupakan produk awal dari Xerox dan merupakan mesin fotokopi otomatis yang pertama kali menggunakan car atau teknik dari proses xenography. Penamaan Xerox 914 merujuk pada kemampuan yang dimiliki oleh mesin dalam mengkopi kertas yang berukuran 9”x14” atau 229 mmx365 mm.

Mesin tersebut mampu mengkopi hingga 100 ribu kertas per bulannya dan menjadi sangat populer hingga menghasilkan omzet $60 juta. Dari kesuksesan tersebut, akhirnya perusahaan pada tahun 1958 mengubah nama dari Haloid menjadi Xerox dan hingga kini menjadi perusahaan mesin fotokopi dan printer yang terkemuka di dunia.

Xerox yang saat ini berada di Stamford, Connecticut, Amerika Serikat tersebut pada tahun 2006 mampu menghasilkan pendapatan hingga $15,9 milyar dan jumlah karyawan mencapai 53.700. pada tanggal 9 September 1968, Chester Carlson yang menjadi penemu mesin fotokopi tersebut meninggal di Rochester, New York yang dikarenakan penyakit hati kronis yang dimiliki. Lewat temuannya tersebut, bapak mesin fotokopi tersebut mampu untuk menemukan cara merombak paradigma penulisan ulang untuk sebuah dokumen.

Baca Juga : Blake Ross Si Pembuat Mozilla Firefox

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *