Ciri-ciri dan Klasifikasi Tumbuhan Paku

Ciri-ciri dan Klasifikasi Tumbuhan Paku – Saat berjalan-jalan di suatu tempat tertentu mungkin anda sudah sering kali menjumpai tumbuhan kecil yang hidupnya terkadang menempel pada pohon lainnya atau juga bangunan bukan, jenis tumbuhan yang satu ini dikenal juga dengan paku, meskipun terbilang kecil namun tumbuhan yang satu ini disebut juga sebagai tumbuhan berkromus atau sejati, karena memiliki akar, batang dan juga daun yang sejati. Tumbuhan paku ini umumnya bisa ditemui dimana saja, namun dengan spesies yang berbeda-beda. Jika anda berjalan-jalan ke hutan maka bisa dengan mudah menjumpainya dengan berbagai macam tampilan.

a

Untuk mengenal lebih jauh mengenai tumbuhan yang satu ini, berikut ada beberapa ciri mengenai paku yang bisa anda lihat, yaitu:

  • Tumbuhan yang satu ini termasuk ke dalam tumbuhan berkromus karena memiliki akar, batang dan juga daun sejati.
  • Ciri paling khas dari tumbuhan tersebut adalah pada saat masih muda ujung daunnya akan senantiasa menggulung.
  • Habitat dari tumbuhan paku adalah pada tempat yang cukup lembab, tak heran jika biasa ya menempel pada tumbuhan lain, pada batu, sebuah bangunan dan bisa dengan mudah anda jumpai pada sungai.
  • Warna daunnya sendiri tak hanya sebatas hijau namun juga terdapat balutan yang berwarna kuning dan cokelat yang dikenal juga sebagai sorus. Sorus sendiri adalah rangkaian kotak spora yang dibalut oleh idusium, sedangkan daun yang dibungkus spora sendiri dikatakan sebagai sporofit.

Seperti yang dikatakan tadi bahwa tumbuhan paku ini terbagi lagi atas beberapa jenis yang memang sangat banyak, untuk itulah agar anda mudah dalam membedakannya, tumbuhan paku dapat diklasifikasikan lagi menurut ciri-cirinya, umumnya terbagi atas 4 divisi, yaitu psilophoda, lycopsida, spenopsida dan pteropsida, yaitu:

  • Paku lumut, bentuknya sangat menyerupai tumbuhan lumut daun dan sebagian besar diantaranya adalah epifit.
  • Paku ekor kuda, memiliki batang yang ada dalam tanah dengan cabang yang beruas-ruas daun fertile dan juga dapat menghasilkan spora.
  • Paku kawat, memiliki ciri layaknya paku atau kawat, habitat dari spesies yang satu ini adalah pada pegunungan atau dataran tinggi.
  • Paku sejati, jenis yang satu ini bisa dengan mudah anda jumpai karena persebarannya dimana-mana, bagian sorus berkumpul pada ujung tepi dan tersebar pada permukaan daunnya.

Dalam 4 spesies tersebut nantinya paku akan dibagi lagi ke dalam beberapa jenis berdasarkan dari bentuk dan juga cara hidupnya. Nyatanya tanaman yang satu ini juga sangat bermanfaat bagi manusia, di antaranya adalah digunakan sebagai pupuk organik, selain itu juga bisa dijadikan sebagai tanaman untuk hiasan atau mempercantik taman anda. Sangat banyak kegunaannya namun seiring dengan hal tersebut sudah cukup banyak beberapa jenisnya yang mengalami kepunahan.

Baca Artikel Lainnya :

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *