Ciri-Ciri Gymnospermae (Tumbuhan Biji Terbuka)

Tumbuhan adalah mahluk hidup yang keberadaanya sangat vital untuk kehidupan ini. Sebagai penghasil oksigen dalam fotosintesis, tumbuhan adalah mahluk hidup yang memang harus dijaga keberadaannya.

Tumbuhan dibedakan menjadi tumbuhan berbiji terbuka dan tumbuhan berbiji tertutup. Berikut akan dijelaskan mengenai tumbuhan berbiji tertutup. Check this out!

m 15

Gymnospermae merupakan nama lain tumbuhan berbiji terbuka. Tumbuhan ini berasal dari filum pinophyta. Tumbuhan berbiji terbuka adalah jenis tumbuhan yang bijinya tidak terdapat bakal buah.

Tumbuhan ini sebagian besar adalah tumbuhan purba, bahkan banyak diantaranya yang sudah punah dan menjadi fosil.

Berikut ciri-ciri tumbuhan gymnospermae:

  • Mempunyai sistem perakaran tunggang
  • Mempunyai daun yang sempit dan kaku
  • Batang tidak berkambium
  • Tidak mempunyai bunga sejati
  • Alat perkembangbiakan berupa runjung (strobilus)

Berikut klasifikasi ordo dari tumbuhan gymnospermae:

  1. Cycadales, ordo ini mempunyai ciri-ciri batang yang tidak bercabang dan daunnya berupa daun majemuk, dan termasuk tumbuhan berumah dua. Contoh: Cycas revoluta, Cycas rumphii, Zamia furfuracea.
  2. Coniferales, ordo ini mempunyai ciri-ciri alat perkembangbiakannya adalah strobilus dan dikenal sebagai tumbuhan kerucut. Contoh: Taxus sp, Juniperus sp, Araucaria sp.
  3. Ginkgoales, ordo ini mempunyai ciri-ciri alat perkembangbiakannya adalah strobilus kerucut dan daun tumbuhan ini selalu berwarna hijau sepanjang tahun. Contohnya Ginko biloba.
  4. Gnetales, ordo ini adalah kelompok perdu, pohon, dan liana. Ciri-ciri spesifiknya adalah daun berbentuk oval, menyirip dan strobilus tidak kerucut. Berkas pengangkut xylem mempunyai trakea, akan tetapi pada floem tidak mempunyai sel pengiring. Contohnya Gnetum gnemon yang merupakan nama ilmiah dari tumbuhan mlinjo.

Berikut manfaat tumbuhan gymnospermae dalam kehidupan sehari-hari, yaitu:

  • Dalam bidang kedokteran, Ginkgo biloba dapat digunakan sebagai obat-obatan dan bahan pembuat kosmetik.
  • Dalam bidang industri, kayu pinus dapat digunakan dalam industri kertas dan Gnetum gnemon dapat digunakian sebagai bahan pembuat korek api. Sebagai bahan pembuat damar, penghasil terpentin atau minyak cat.
  • Sebagai bahan makanan seperti melinjo.
  • Dan dapat pula digunakan sebagai tanaman hias yang akan mempercantik rumah, contohnya tumbuhan pakis haji.

Baca Artikel Lainnya :

Berdasarkan penjelasan diatas, sudah selayaknya kita memahami dan melaksanakan bahwa menjaga lingkungan hidup amatlah penting. Untuk itu jagalah lingkungan demi masa depan yang lebih baik.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *