Ciri-ciri Karya Sastra Melayu Klasik

Karya sastra melayu klasik tentu memiliki sejumlah ciri atau karakteristik yang berbeda dengan jenis karya sastra lainnya. Namun mengetahui ciri-ciri tersebut, ada baiknya mengenal lebih dekat mengenai apa itu karya sastra melayu klasik.

Karya sastra melayu klasik merupakan bagian dari karya sastra Indonesia yang muncul sekitar abad ke-13. Sastra melayu klasik juga disebut dengan sastra melayu lama dimana pada awalnya tercipta secara lisan atau berasal dari ucapan atau ajaran tertentu.

p 18

Namun seiring berkembangnya jaman, kini sastra melayu klasik telah berbentuk tulisan yang berisi cerita-cerita lama atau jaman dahulu.

Beberapa ciri-ciri karya sastra melayu klasik yaitu sebagi berikut.

  • Bersifat Anonim

Ciri karya sastra melayu klasik yang paling umum yakni bersifat anonym yang artinya tidak diketahui pengarangnya. Berbeda dengan karya sastra modern yang mencantumkan nama pengarangnya.

Hal ini dianggap bahwa pengarang sastra lama lebih menitikberatkan pada fungsi dan tujuan karya tersebut.

  • Bersifat Komunal

Selain bersifat anonym yang tidak diketahui pengarangnya, oleh karena itu karya sastra melayu klasik juga bersifat komunal yakni dianggap milik masyarakat bersama.

  • Bertema Istana Sentris

Pada zaman dahulu dimana masyarakat masih menganut sistem ke kerajaan dan raja sebagai pemilik kekuasaan tertinggi. Oleh karena itu, karya sastranya pun mengacu dan bertemakan pada lingkungan dan budaya kerajaan atau menceritakan kehidupan serta ke pimpinan sang raja.

  • Pralogis

Karya sastra melayu klasik dianggap bersifat pralogis yang artinya tidak berdasarkan logika atau bersidat fantasi atau khayalan. Oleh karena itu, banyak dari karya sastra klasik memiliki cerita yang diluar nalar atau tidak masuk akal.

  • Menggunakan Bahasa Klise

Ciri lain pada karya sastra melayu klasik juga bisa dilihat dari gaya bahasanya yang menggunakan bahasa klise yaitu bahasa yang bentuknya tetap. Contohnya yang sering muncul pada awal kalimat yaitu Alkisah, Pada suatu hari, atau contohnya kata lainnya seperti konon, menurut empunya cerita,dan sebagainya.

Baca Artikel Lainnya :

Berbeda dengan penyebaran sastra pada jaman modern yang bisa dilakukan melalui berbagai media. Karya sastra melayu klasik disebarkan secara lisan yaitu dari dari mulut ke mulut.

Namun justru hal ini membuat karya sastra tersebut mengalami pergerakan yang cukup cepat dan pesat bila dibandingkan secara tertulis.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *