Ciri-Ciri Negara Hukum yang Berdaulat

Ciri Ciri Negara Hukum yang Berdaulat – Sebuah negara hukum tentu memiliki keyakinan akan pentingnya sebuah dasar hukum yang baik dan juga adil dalam menjalankan jejyasaan negara.

R. Djokosutono menjelaskan bahwa negara hukum merupakan negara yang memiliki landasan pada kedaultan hukum. Dalam hal ini, sebuah hukumlah yang berdaulat dan negara menjadi subjek dari hukum tersebut.

Untitled

Karena negara menjadi subjek dari hukum, maka jika suatu negara bersalah dapat dituntut ke pengadilan dikarenakan oleh perbuatan yang melanggar hukum.

Adapun ciri-ciri tentang negara hukum yang beraulat yaitu, merdeka, maksud dari hal ini adalah sebuah negara baru dapat dikatakan sebagai negara hukum yang berdaulat jika negara tersebut sudah bebas dari belenggu penjajahan dan sudah memiliki kebebasan dalam membuat keputusan.

Ciri yang kedua adalah, berkuasa sendiri, dalam hal ini berarti sebuah negara sudah memiliki kekuasaan dalam membuat suatu keputusan dimana negara tersebut membagi kelembagaan kuasa menjadi 3 badan yaitu eksekutif, kehakiman, dan juga perundangan dan tidak ada boleh campur tangan antara satu badan kelembagaan dengan badan kelembagaan lain.

Ciri dari negara hukum berdaulat yang selanjutnya adalah berwibawa, dikatakan beribawa karena sebuah negara hukum yang berdaulat dapat melakukan upaya dalam memberikan pengaruh maupun menguasai rakyat, lalu negara tersebut memiliki kekuasaan politik, ekonomu, yang stabil sehingga mampu menjamin keamanan dan kesejahteraan rakyatnya.

Ciri terakhir dari negara hukum yang berdaulat adalah beridentitas, dalam hal ini adalah sebuah negara hukum yang berdaulat harus memiliki sebuah identitas baik dari wilayah geografisnya, suku bangsanya, sistem pemerintahannya, dan sebagainya.

Adapun ciri-ciri lain dari negara hukum yang berdaulat yakni, kekuasaan dijalankan menurut hukum positif yang berlaku di negara tersebut, adanya sebuah pembagian kekuasaan, lalu terdapatnya hukum yang dapat menjamin hak asasi manusia, dan juga kegiatan yang dilakukan oleh suatu negara ada di bawah kontrol yang baik dari lembaga kehakiman.

Sebuah negara hukum yang berdaulat juga tentu memiliki prinsip-prinsip yang berlaku, berikut akan dijelaskan mengenai prinsip-prinsip hukum negara yang berdaulat :

  1. Adanya perlindungan hak asasi manusia
  2. Hukum juga mengikat sebuah pemerintah
  3. Memiliki asas legalitas dimana terdapat pembatasan kebebasan kepada warga negara yang tertuang dalam undag-undang yang menjadi peraturan umu,. Hukum umum ini harus memiliki jaminan baik untuk warga negaranya maupun tindakan yang dilakukan pemerintah secara tidak benar.
  4. Adanya pengawasan terhadap pemerintah yang dilakukan oleh hakim independen.
  5. Hukum yang selalu ditegakkan dengan tidak memandang siapa yang melakukan perbuatan melanggar hukum.

Baca Juga : Apa yang Dimaksud Dengan Hukum?

Selain prinsip-prinsip diatas, hal selanjutnya yang akan dijelaskan adalah mengenai unsur-unsur negara hukum, yaitu :

  1. Hak asasi manusia harus dihormati sesuai dengan martabat sebagai manusia itu sendiri.
  2. Adanya pemisahan ataupun pembagian kekuasaan dalam rangka menjamin hak-hak.
  3. Sebuah pemerintahan dijalankan oleh undang-undang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *