Ciri-Ciri Negara Maju dan Berkembang

Ciri Ciri Negara Maju dan Berkembang – Sebuah negara yang ditentukan sebagai negara maju dan berkembang sebenarnya hanya merupakan sebuah statistik belaka dan tidak menggambarkan penilaian tentang apa yang telah suatu negara telah capai dalam proses pembangunan.

Dalam pengelompokan negara maju dan juga negara berkambang, banyak sekali faktor yang dilihat untuk menentukan mana yang termasuk negara maju dan negara berkembang.

Untitled

Seperti pembagian yang dilakukan oleh Bank Dunia misalnya, yang mengelompokan negara maju dan negara berkembang berdasarkan sektor perekonomian.

Lalu juga ada UNDP yang merupakan bawahan dari PBB ini yang mengelompokkan negara maju dan negara berkembang bukan berdasarkan dari faktor ekonomi melainkan dengan melihat suatu negara yang berhasil dalam membangun kualitas hidup warganya.

Faktor yang dilihat pun misalnya adalah faktor tingkat kematian bayi, tingkat pendidikan, dan juga tingkat harapan hidup. Untuk lebih mengetahui tentang negara maju dan negara berkembang berikut akan dijelaskan mengenai ciri-ciri negara maju dan berkembang.

Ciri-Ciri Negara Berkembang

Negara berkembang merupakan suatu istilah yang sering digunakan dalam menggambarkan negara tertentu sesuai dengan tingkat rendah kesejahteraan masyarakatnya dan bersifat material.

Namun pengertian mengenai negara berkembang pun tidak ada yang diakui secara internasional. Berikut adalah ciri-ciri dari negara berkembang :

  1. Memiliki banyak sumber daya alam yang belum diproses
  2. Produksi barang masih sebatas dalam memenuhi kebutuhan primer, seperti pertanian.
  3. Adanya masalah mengenai tekanan penduduk yang berupa ; Banyaknya pengangguran, kemiskinan yang tinggi, ledakan terhadap jumlah populasi penduduk yang tinggi, rendahnya produktivitas, memiliki tingkat bertahan hidup yang rendah, memiliki beban tanggungan yang tinggi, dan bergantung pada negara-negara lain yang lebih maju.
  4. Tidak memiliki banyak modal.
  5. Tingkat pendidikan yang masih rendah.
  6. Rendahnya penguasaan terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi.
  7. Pengashilan warganya yang rendah yakni GNP < US$ 1.000
  8. Bergantung pada produk industri impor dan ekspor produk bahan buku

Ciri-Ciri Negara Maju

Negara maju merupakan istilah bagi negara yang dapat menikmati standar hidup yang lebih tinggi seperti memiliki teknologi yang tinggi ataupun memiliki ekonomi yang merata.

Baca Artikel Lainnya :

Sebagian besar negara yang memiliki GDF per kapita tinggi digolongkan menjadi negara maju. Tetapi ada beberapa negara yang telah mencapai GDP per kapita yang tinggi tidak digolongkan menjadi negara maju hal tersebut dikarenakan negara itu tidak melakukan pengembangan industri yang beragam dan tidak adanya layanan yang berbasis ekonomi. Untuk lebih jelasnya berikut adalah ciri-ciri dari negara maju :

  1. Memiliki pendapatan dengan rata-rata yang tinggi.
  2. Memiliki tingkat harapan hidup yang tinggi.
  3. Rendahnya pertumbuhan penduduk.
  4. Memiliki sedikit penduduk yang miskin.
  5. Tingkat pendidikan yang tinggi.
  6. Kecilnya angka kematian bayi.
  7. Memiliki kualitas sumber daya manusia yang baik.
  8. Tingginya penguasaan terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *