Ciri-ciri, Penyebab, dan Cara Mengobati Penyakit TBC

Ciri-ciri penyakit TBC memang perlu diketahui oleh semua orang supaya bisa segera melakukan pengobatan untuk menyembuhkan penyakit yang berbahaya tersebut. Sekarang ini, tentu saja nama penyakit TBC atau TB (Tuberculosis) sudah sering kita dengar bukan? Penyakit TBC termasuk salah satu jenis penyakit yang dapat menular kepada orang lain yang menyerang paru-paru atau saluran pernapasan.

Untitled

TBC disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Tahukah Anda jika di seluruh dunia penyakit TBC adalah penyebab kematian yang berada di urutan kedua setelah penyakit mematikan lainnya, HIV/AIDS? Menurut data dari WHO, kasus kematian akibat TBC 95% lebih besar terjadi di negara-negara yang mayoritas penduduknya mendapat penghasilan menengah sampai rendah.

Sementara di Indonesia sendiri, kasus penyakit TBC itu juga masih sangat tinggi dan menjadi penyakit yang menyebabkan kematian ke 4 setelah secara berurutan stroke, diabetes, dan hipertensi lebih sering terjadi di daerah perkotaan.

Penyakit TBC disebabkan adanya infeksi dari bakteri Mycobacterium tuberculosis. Di samping itu, bakteri penyebab TBC ini pun ikut menyerang organ tubuh yang lain seperti usus, kelenjar getah bening, tulang, ginjal, kandungan, , bahkan bisa hingga ke otak.

Penyakit TBC merupakan salah satu jenis penyakit yang gampang sekali menular. Cara penularannya bisa lewat cairan dan bahkan udara yang dikeluarkan para penderita pada saat bersin atau batuk. Bakteri tersebut tidak akan bisa menyerang orang dengan system kekebalan tubuh yang kuat.

Oleh sebab itu, bakteri TBC jauh lebih gampang menyerang orang-orang yang memiliki daya tahan tubuh lemah dan mereka yang kekurangan gizi. Selain itu, TBC juga mudah menyerang masyarakat yang tinggal di udara buruk dan lingkungan yang kotor.

Gizi buruk dan lingkungan yang kotor dapat menyebabkan si bakteri yang tadinya tertidur menjadi terbangun dan aktif. Memang, serangan bakteri TBC itu acap kali timbul tanpa disertai dengan gejala atau tanda-tanda yang khas.

Pasalnya, para penderitanya hanya akan batuk ringan saja, sehingga orang tersebut tidak akan sadar dengan bahaya penyakit yang dideritanya itu. Apabila dibiarkan begitu saja, maka bakteri yang aktif di dalam tubuh dapat merusak jaringan paru-paru sehinggga menimbulkan tanda-tanda yang khas pada saat keadaan penderitanya sudah cukup akut.

Ciri-ciri orang yang mengalami penyakit TBC di antaranya adalah :

  • Demam, meskipun tidak tinggi namun berlangsung cukup lama (pada umumnya terjadi ketika malam hari)
  • Tubuh sering mengeluarkan cairan (keringat)
  • Mengalami influenza sementara, kadang hilang dan secara tiba-tiba bisa kembali dirasakan
  • Ada darah yang keluar ketika batuk atau mengeluarkan dahak
  • Dada terasa sangat nyeri
  • Sulit untuk bernapas
  • Tubuh terasa lesu dan lemas sehingga sulit beraktivitas
  • Berat badan menurun drastic dikarenakan berkurangnya nafsu makan
  • Air kencing yang dikeluarkan berwarna keruh, bahkan ada juga yang memerah seperti darah segar

Jika Anda sudah merasakan salah satu gejala-gejala tersebut, segeralah berkonsultasi ke dokter untuk mendiagonosanya terlebih dulu. Umumnya, dokter akan memeriksa kondisi fisik pasien khususnya di bagian dada dan paru-paru. Setelah itu dilakukan pemeriksaan menggunakan foto rontgen bagian data, memeriksa dahak dan darah si penderita dengan melakukan test laboratorium, serta pemeriksaan dengan tes tuberculin (mantoux/PPD).

Baca Artikel Lainnya :

Sementara cara mengobati penyakit TBC ini tergolong pengobatan untuk jangka panjang. Biasanya, pengobatan tersebut harus terus dilakukan selama tiga hingga Sembilan bulan. Selama masa pengobatan tersebut, tentu saja setiap pasien harus disiplin mengonsumsi obat dan memeriksakan kondisi kesehatannya kembali ke dokter sampai benar-benar pulih supaya tidak menular ke orang lain.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *