Ciri-Ciri umum larutan asam

Ciri-Ciri umum larutan asam – Apa yang Anda pikirkan saat mendengar kata asam? Apakah Anda memikirkan sesuatu yang rasanya masam ataukah zat yang mampu membakar kulit. Dalam kehidupan sehari-hari kita tidak bisa lepas dari larutan asam. Mulai dari bangun tidur sampai melakukan kegiatan selanjutnya. Saat Anda sedang memakan jeruk yang rasanya asam, pernahkah mempunyai pikiran mengapa jeruk yang Anda makan rasanya asam? Jeruk rasanya asam karena terdapat larutan asam didalamnya. Ciri-ciri umum larutan asam akan dibahas dalam artikel ini. Sebelumnya asam adalah air yang melepaskan ion H+.

larutan asam

Di rumah Anda apakah mempunyai besi dan jeruk nipis? Jika punya coba Anda mulai menetesi besi tersebut dengan jeruk nipis, nanti lama kelamaan besi tersebut akan karatan. Mengapa bisa begitu? Karena salah satu sifat masam adalah bersifat korosif. Korosif sangat reaktif apabila bertemu dengan benda logam. Agar pemahaman kita lebih jelas tentang larutan asam beriku adalah ciri-ciri umum larutan asam:

  • Sifatnya korosif
  • Dapat merubah warna pada kertas lakmus biru menjadi merah
  • Larutan masam mempunyai rasa yang masam
  • Larutan asamnya dapat mengantarkan arus listrik

Terlepas dari ciri-ciri umum larutan asam memiliki kemampuan terurai dalam air menjadi ion H+. Berdasarkan hal tersebut larutan asam dibedakan menjadi dua yaitu larutan asam lemah dan larutan asam kuat. Pertama, larutan asam kuat jika di dalam air molekul seluruhnya terurai menjadi ion H+. Contoh HCl, HClO3, H 2SO4, HNO3 dan lain-lain. Kedua, larutan asam lemah jika di dalam air molekul yang berubah menjadi ion H+ hanya sedikit. Contoh CH3COOH, HCN, H2CO3, H2S dan lain-lain.

Keasaman tanah yang netral terdapat banyak keuntungan. Tanaman dapat tumbuh dengan sangat baik sehingga produksinya pun optimal. Ciri-ciri umum larutan asam. Unsur hara dapat terserap dengan baik karena dalam kondisi seperti ini unsur hara mudah larut. Akar akan terbentuk dengan sempurna. Serapan unsur kalium sempurna. Tanaman tahan terhadap penyakit. Tanah yang memiliki keasaman rendah dapat ditingkatkan nilai keasamannya dengan pengapuran.

br/>

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *