Ciri dan Jenis-Jenis Jamur

Ciri dan Jenis-Jenis Jamur – Jamur ialah salah satu organisme yang menyerupai tumbuhan. Dikatakan begitu karena jamur tersebut tak mempunyai klorofil ataupun zat hijau pada daun. Bukan hanya itu saja, jamur pun mempunyai karakteristik utama yaitu sebagai heterotrof atau yang dikenal dengan sebutan tak dapat mengolah menu makanannya sendiri. Sekalipun begitu, tak semua jamur pun bersifat sebagai pengganggu, karena tidak semua jamur itu buruk ataupun beracun. Tak sedikit dari jenis-jenis jamur yang bisa diolah dengan ragam cara.

a

Di sini, jamur itupun sangat berbeda dengan tumbuhan melalui karakteristik utama yaitu sebagai berikut ini, diantaranya:

  • Memiliki penyusunan tersendiri pada dinding selnya, dengan berupa spora sebagai alat untuk berkembang biak dan kitin
  • Dapat tumbuhan di sembarang tempat adapula yang tumbuh di area tertentu
  • Tidak memiliki zat hijau pada daunnya, sekalipun memiliki bagian yang menyerupai daun.

Sebagai salah satu organisme yang hidup, jamur ini pun bukan hanya ada satu ataupun dua saja, melainkan lebih. Secara pastinya jamur tak masuk pada keluarga tumbuhan karena memiliki perbedaan yang fix, tetapi memiliki keluarga sendiri sekaligus membedakannya dengan yang lainnya. Pada intinya, jamur-jamur tersebut pun mempunyai jenis kingdom yang tak sama atau disebut dengan kingdom fungi. Namun dalam kingdom tersebut masih tersusun oleh 5 jenis, yaitu:

  • Zoomuycota atau Chytridimycota

Sebuah kelompok kingdom jamur, makhluk hidup yang satu ini dapat bereduksi dengan spora seperti flagel. Yang mana pada spora tersebut menghasilkan ragam bentuk pergerakan seperti halnya hewan.

  • Zygomycota

Ialah sekelompk jamur dengan bentuk zigot yang berasal dari dua spora seksual, namun bergabung menjadi satu yaitu menjadi zigospora dengan dinding yang tebal.

  • Ascomycota

Adalah kelompok dari jamur dengan bentuknya seperti kantung namun di dalamnya terdapat spora seksual

  • Basidiomycota

Yaitu jamur dengan bentuk seperti tongkat basidium dan mengcover spora seksual di dalamnya.

  • Deutromycota

Sebuah jamur yang memiliki proses reproduksi yang belum juga diketahui.

Selain dari jenis kingdom tersebut, terdapat berbagai macamnya jamur dari jenis uniseluler dan juga multiseluler. Untuk pengertiannya, jamur uniseluler itu ialah jamur mikroskopik dimana strukturnya sangat kecil. Teruntuk mengetahuinya Anda bisa menggunakan mikroskop sehingga disebut juga dengan istilah jamur mikroskop, yang mana pada roti atau pada makanan yang telah expired Anda bisa menemukannya. Bisa pula di bagian tempe yang telah menjamur itu. Komponen tersebut tak terlihat oleh kasat mata akibat adanya susunan hifa ataupun deretan benang halus nan tipis.

Selanjutnya ialah jamur multiseluler ialah jamur cendawan dengan ukuran tubuhnya yang besar sehingga bisa melihatnya secara kasat mata tanpa harus menggunakan alat khusus. Untuk jamur ini dapat dikonsumsi tanpa meracuni tubuh, dengan ciri-ciri sebagian besar pada pilihan warna yang polos ataupun tak mencolok seperti berwarna putih.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Ciri dan Jenis-Jenis Jamur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *