Ciri Kawasan untuk Hutan Produksi

Ciri Kawasan untuk Hutan Produksi – Anda pasti sering sekali mendengar hutan produksi. Hutan produksi sendiri adalah areal hutan yang memang diperuntukkan sebagai kawasan hutan yang berfungsi untuk menghasilkan hasil-hasil hutan yang dipergunakan untuk kepentingan konsumsi masyarakat luas, industry baik import maupun ekspor.

Hutan ini pun memang biasanya terletak di batas-batas suatu HPH dan memang dikelola untuk menghasilkan berbagi jenis kayu.

Hutan-hutan di kawasan HPH ini memang sering sekali di tebang secara besar-besaran tanpa melihat hal ke depan yang akan terjadi.

Hutan produksi memang dapat dikelompokkan menjadi 3 yaitu:

index

  • Produksi tetap, hutan yang di eksploitasi atau di manfaatkan dengan cara tebang pilih maupun tebang habis.
  • Produksi terbatas, hutan yang hanya bisa di manfaatkan dengan cara tebang pilih. Hutan ini memang untuk memproduksi kayu namun dengan intensitas yang relative rendah. Hutan ini memang umumnya berada di daerah pegunungan, yang ada di lereng.
  • Hutan produksi yang bisa dikonversi, kawasan hutan di kelas lereng jenis, tanah dan intensitas hujan memang sudah diperkirakan sebelumnya. Kawasan hutan secara ruang sudah dicadangkan untuk digunakan sebagai pengembangan transmigrasi ataupun perkebunan dan pertanian.

Ciri-ciri hutan produksi itu sendiri adalah:

  1. Dalam satu kawasan hanya terdapat satu jenis tanaman atau pohon, contohnya hutan karet maupun hutan jati.
  2. Dipergunakan untuk kebutuhan konsumtif.
  3. Area yang digunakan relative luas dikarenakan memang untuk memenuhi kebutuhan manusia.
  4. Biasanya dimiliki oleh PT yang sudah besar atau pun pemerintah daerah setempat.
  5. Pemanfaatan dan penggunaannya sangat diawasi .

Sebenarnya hutan produksi juga dikelompokkan lagi menjadi hutan rimba dan budidaya, hutan rimba, hutan yang sengaja di budaya, ataupun dikelola oleh manusia dan hanya ditanami satu jenis tanaman, namun hutan rimba tidak hanya ditanami satu jenis pohon, namun beberapa jenis pohon di dalam satu kawasan. Jika hutan rimba, penebangannya harus dilakukan dengan system tebang pilih secara hati-hati, pohon diharuskan memiliki umur yang cukup agar yang masih kecil tidak ikut terkena imbasnya.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Ciri Kawasan untuk Hutan Produksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *