Ciri Kerusakan Tanaman Akibat Hama

Ciri Kerusakan Tanaman Akibat Hama – Siapa yang sangka bahwa tanaman yang selama ini dirawat dan dicintai ternyata diganggu oleh beberapa hama tanaman yang sangat menjijikkan. Bagi Anda mengalami masalah yang sama maka Anda harus dengan segera memberantas hama tersebut sebelum terjadi kerusakan yang sangat fatal.

Untitled

Hama penyakit ini mungkin saja bisa dihilangkan dengan beberapa langkah sederhana tetapi tidak jarang hama ini justru selalu muncul kembali dan menghadirkan kerusakan yang justru semakin menjadi parah. Berikut ini adalah beberapa ulasan mengenai hama dan bagaimana ciri-ciri dari hama tersebut dalam membuat tanaman Anda menjadi rusak.

Belalang

Ciri khusus yang dilakukan oleh penyerangan oleh belalang ini adalah dengan ditandainya adanya kerombengan pada permukaan daun atau tanaman. Belalang ini memakan dedaunan sekitar dari tanaman dan hanya menyisakan tulangnya saja. Untuk menanggulanginya maka Anda dapat melakukan penangkapan hama atau belalang secara manual. Jika hal ini dirasa cukup menyusahkan Anda maka Anda bisa menggunakan penyemprotan menggunakan pestisida untuk mengurangi jumlah dari belalang yang mengganggu tanaman Anda ini.

Wereng

Bagi Anda yang berkecimpung dalam dunia tanam menanam pasti mengetahui mengenai keberadaan dari hama yang satu ini. Hama wereng ini merupakan hama yang membuat daun dan batang yang ada di tumbuhan menjadi berlubang dan kering sehingga kemudian tanaman Anda menjadi mati secara mengenaskan. Untuk menanggulanginya maka Anda bisa melakukan pengaturan mengenai pola tanam secara serentak dan mengerahkan beberapa predator seperti laba-laba, kepik, kumbang dan beberapa hewan lain yang dapat memangsa hama ini.

Ulat

Hama yang satu ini merupakan hama yang seringkali memang ditemui pada tumbuhan manapun juga. Bagi Anda yang melihat adanya gejala berupa daun yang hanya tertinggal rangkanya saja maka kemungkinan besar hama dengan jenis ulat lah yang menjadi penyebabnya. Upaya untuk membasmi hama ini adalah dengan cara membuang telur-telur yang melekat pada tumbuhan atau juga bisa Anda melakukan hal tersebut dengan menggunakan obat kimia yang efektif membunuh ulat namun tetap aman bagi tanaman.

Tikus

Tikus merupakan salah satu musuh yang sangat pandai dari pada hama lainnya. Tikus ini menyerang berbagai tumbuhan yang ada dan juga dapat menyebabkan panen gagal total. Tikus sendiri seringkali membuat adanya beberapa lubang galian di sawah dan semak-semak belukar. Menangani tikus ini dapat dilakukan dengan beragam cara yaitu menutup lubang dari kediaman tikus dan juga membongkar dan kemudian menangkap tikus tersebut. Cara lain yaitu dengan cara menggunakan rodentisida sebuah obat yang memang khusus untuk membasmi tikus yang sangat membandel. Obat racun ini memang memiliki dampak yang kurang baik bagi tumbuhan Anda sehingga Anda juga harus berhati-hati dalam penggunaannya.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *