Ciri Khas Batik Bali, Cantik Dan Eksotik

Kain batik Nusantara adalah kain tradisional khas Indonesia yang menonjolkan ciri khas sangat kental tentang budaya pulau – pulau yang ada di gugusan kepulauan Indonesai seperti pulau Jawa dan pulau Bali. Tapi jika dihubungkan dengan pariwisata, maka pulau Balilah yang identik dengan kain batik tradisional khas Nusantara.

Jika anda mendengar kata kain batik saja, maka terpikirkan hubungan antara kain batik dengan aneka keris, baju kebaya, gong (gamelan di Jawa), rumah adat, udeng (blagkon di Jawa), dan segala atribut lainnya yang menjadi asesoris kain batik sehingga memperkuat adat dan budaya daerah setempat sebagai penghasil kain batik Nusantara.

m 86

Berdasarkan teknik pengerjaannya, kain batik Bali adalah kain batik Nusantara nomer satu di Indonesia yang menonjolkan sisi tradisional dalam koleksi karya mereka dimana kain batik Bali dibedakan menjadi 3 macam.

Anda harus pandai mengenalnya terutama ciri khas batik Bali untuk memudahkan anda memilih kain batik Bali jika berada pada sentra penghasil kain batik terbesar di Indonesia yaitu pulau Jawa, untuk informasi dan menambah pengetahuan, kami berikan beberapa ciri khas batik Bali yang diproduksi oleh rumah produksi Bali :

1. Ciri khas kain batik Bali adalah terletak pada motifnya yang mengaplikasikan perpaduan antara motif tradisional dan modern.

Hal ini itandai dengan adanya lambang – lambang khas daerah Bali seperti burung bangau, naga, kura  -kura, dan rusa.

Sentuhan modern pada kain batik Bali terlihat dari penonjolan warna – warna kain yang cerah dengan memakai corak bergelombang yang menandakan para pengrajin kain batik Bali lebih memiliki keleluasaan dalam berekspresi dibandingkan pengrajin batik dari luar pulau.

2. Perkembangan kain batik Bali saat ini sudah mengalami perpaduan yang cepat dan semakin rumit untuk dikenali ciri khasnya yang mencerminkan budaya Bali asli.

Hal ini muncul karena maraknya industri batik Bali yang memberikan ragam corak – corak khas Bali kombinasi pulau – pulau lain di Indonesia. Kain batik Bali kombinasi ini adalah kain batik Bali – Papua, kain batik Bali – Pekalongan, dan lain sebagainya.

Baca Artikel Lainnya :

Perpaduan terhadap kain batik Bali disebabkan karena pulau Bali yang terkenal sebagai pulau wisata di Indonesia hingga mancanegara sangat banyak dijamah oleh berbagai pendatang yang memberikan kesempatan dan kemudahan terhadap perubahan dalam hal proses pembuatan batik yang berhubungan dengan segala eksistensi pulau Bali.

2 hal di atas merupakan ciri khas kain batik Bali yang ditilik dari sisi tampilan desain saja, karena melalui sisi ini dapat dengan mudah membedakan antara kain batik Bali asli dengan kain batik daerah lain. Nah, jika anda sudah menguasai 2 hal tersebut di atas, sekarang tinggal memilih salah satu diantaranya.

 

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *