Ciri Orang yang Harus Selalu cek Kesehatan jantung

Jantung merupakan organ vital dimiliki oleh tubuh manusia, yang berfungsi untuk memompa darah serta membawa nutrisi dan oksigen ke sel-sel tubuh yang membutuhkan energi. Berhubung jantung ialah organ vital yang kita miliki maka di sini akan dibahas mengenai ciri-ciri Jantung yang tidak sehat.

e 8

Penyakit jantung sekarang ini seringkali dapat terjadi, tidak memandang faktor usia baik orang dewasa maupun anak-anak karena berbagai aktifitas kegiatan yang padat, pola hidup yang tidak sehat serta adanya faktor penyakit turunan.

Untuk menyembuhkan dan mengembalikan fungsi jantung seperti sediakala, di pastikan otot-otot jantung dapat mampu membawa oksigen yang cukup dan memompa darah dengan baik. Jika tekanan darah tinggi (hipertensi), maka tegangan pada otot semakin besar.

Gangguan siastolik pada jantung ini dapat terjadi akibat arus balik ke jantung tidak bisa terkendali dengan baik yang dapat menyebabkan timbulnya pembengkakan pada kedua tungkai dalam otot jantung.

Adapun ciri-ciri jantung lemah ialah :

  • Mudah lelah

Akibatnya penderita sering merasa lemas dan mudah lelah, terutama di bagian kaki dan tangan.

  • Nafas menjadi sesak

Ketika jantung mulai melemah fungsinya, darah dapat kembali masuk ke pembuluh darah sebagai penyuplai oksigen dari paru-paru ke jantung. Akibatnya dapat membuat pernafasan menjadi terganggu atau sesak nafas.

Sesak nafas yang di alami saat sedang istirahat atau tidur ini akan menyebabkan tubuh merasa lemas, cemas atau khawatir.

  • Detak jantung yang tidak teratur atau cepat sekali

Jantung bisa mempercepat denyut jantungnya untuk membantu mengimbangi ketidak kemampuannya untuk memompa darah ke seluruh anggota tubuh. Penderita akan merasa jantungnya berdebar dengan cepat sekali atau terkadang denyut jantungnya menjadi tidak teratur

  • Batuk kronis

Penumpukan cairan di dalam paru-paru bisa menyebabkan batuk yang sukar untuk disembuhkan. Terkadang sampai menghasilkan cairan lendir atau dahak yang bercampur dengan darah.

  • Terjadi pembengkakan dan penumpukan cairan

Pembengkakan dapat terjadi dan adanya pemupukan cairan karena aliran darah ke ginjal terganggu, sehingga ginjal memproduksi hormon yang dapat menyebabkan penyimpanan air dan garam. Akibatnya terjadi pembengkakan atau sering disebut juga dengan edema. Kondisi ini paling sering terjadi di pergelangan tangan dan kaki manusia.

Baca Artikel Lainnya :

Kadar zat tertentu yang tidak normal di dalam darah seperti natrium dan kurangnya aliran darah yang masuk ke otak dapat mengganggu daya ingat otak atau disorientasi. Namun penderita lemah jantung sendiri sering tidak menyadarinya.

  • Nafsu makan berkurang

Ketika sistem pencernaan dan hati telah bekerja keras namun gagal menerima pasokan darah sehat, maka akibatnya akan timbul rasa mual atau perasaan kenyang padahal perut belum terisi makanan hal ini dapat menjadi menyebabkan berat badan berkurang dengan cepat.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *