Ciri, Sistem Reproduksi dan Klasifikasi Filum Coelenterata (Hewan Perut Berongga)

Ciri, Sistem Reproduksi dan Klasifikasi Filum Coelenterata (Hewan Perut Berongga) – Berdasarkan etimologinya, Coelenterata bersumber dari bahasa Yunani, yang terdiri atas coelom dimana memiliki arti berongga dan juga enteron yang berari perut atau ada juga yang menyebut sebagai usus. Secara lebih sederhana, coelenterata dapat diartikan sebagai makhluk yang memiliki perut atau usus yang berongga. Organisme ini tergolong dalam jenis diploblastik dimana susunan jaringan tubuhnya hanya terdiri dari dua lapisan yaitu ektoderm yang merupakan jaringan luar (terdiri atas sel epidermis) dan endoderm yang merupakan jaringan luar (terdiri atas sel gastrodermis).

a1

Ciri umum

Berbeda dengan organisme porifera yang walaupun sama-sama berongga namun memiliki dua lubang sebagai tempat keluar masuk makanan, Coelenterata ini hanya memiliki satu lubang yang berfungsi sebagai masuknya makanan dan juga pembuangan makanan. Secara lebih detail ciri-ciri dari hewan ini antara lain adalah:

  • Memiliki dua fase kehidupan yaitu polip dan medusa. Untuk fase polip, organisme ini hidup secara menempel disuatu tempat, memiliki bentuk silindris pada bagian proksimal serta pada bagian distal terdapat mulut dengan tentakel di sekelilingnya. Untuk fase medusa, organisme ini hidup secara bebas dengan bentuk seperti payung dan terdapat mulut pada bagian sisi tengah,
  • Menggunakan seluruh tubuhnya sebagai alat respirasi dengan sistem difusi,
  • Terdapat ganglion syaraf berbentuk jala sebagai sistem syarafnya.

Sistem reproduksi

Coelenterata merupakan sebuah organisme yang unik dimana memiliki sistem reproduksi secara metagenesis, yaitu sebuah sistem reproduksi bergilir antara generatif dan juga vegetatif. Perkembangbiakannya pun juga bisa dilakukan secara seksual dan juga aseksual. Secara aseksual organisme ini berkembang biak dengan membentuk sebuah tunas yang setelah besar dia akan melepaskan diri dari induknya untuk tumbuh menjadi individu baru. Sistem ini juga bisa disebut secara vegetatif. Adapun secara seksual, perkembangbiakan terjadi dengan adanya pembuahan dari sperma terhadap ovum yang membentuk zigot dan lantas menjadi individu baru. Beberapa jenis organisme ini juga diketahui adalah tipe hermaprodit yang bisa menghasilkan ovum dan sperma sendiri.

Pengklasifikasian kelas Coelenterata

Secara umum Coelenterata dibagi dalam 3 kelas yang berbeda, yaitu:

  1. Hydrozoa, berciri fisik seperti polip, hidup secara koloni dan menempel pada benda tertentu. Habitatnya aslinya ada di air tawar, namun juga beberapa ada di air laut,
  2. Scyphozoa, berciri fisik seperti mangkuk yang terbalik, berhabitat di air laut dengan fase kehidupan medusa lebih dominan daripada polip,
  3. Anthozoa, berbentuk seperti polip dan lebih banyak hidup di air laut. Hewan ini tidak memiliki tangkai dimana tubuh aslinya dibungkus oleh skeleton eksternal sehingga digolongkan hewan karang atau juga anemon laut.

Dalam ekosistem laut, hewan Coelenterata dengan kelas Anthozoa bisa dimanfaatkan untuk mencegah terjadinya abrasi laut, selain juga membantu perkembangan biota laut lainnya. Sedangkan untuk kelas hydrozoa sering banyak dihindari orang karena adanya sengat yang berbahaya.

Baca Artikel lainnya :

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

2 thoughts on “Ciri, Sistem Reproduksi dan Klasifikasi Filum Coelenterata (Hewan Perut Berongga)

  1. Pingback: Pengertian Respirasi Aerob Makhluk Hidup | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

  2. Pingback: Fungsi Sekaligus Sifat Membran Sel | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *