Daftar Gangguan Kesehatan Yang Merusak Memori Anda

Daftar Gangguan Kesehatan Yang Merusak Memori Anda – Siapa yang tidak mau memiliki ingatan atau memori yang bagus. Semua orang pasti menginginkannya.

Dengan memori yang bagus kita dapat melakukan apa pun yang kita mau tanpa ada kendala. Akan tetapi, umur yang semakin bertambah tua, membuat kita sering lupa karena daya ingat kita menurun.

eda

Menurunnya atau rusaknya daya ingat tidak hanya disebabkan oleh fktor usia saja. Menderita penyakit atau gangguan kesehatan tertentu ternyata juga bisa merusak memori kita.

Nah, gangguan kesehatan apa sajakah yang mampu membuat rusak memori kita? Berikut ulasannya.

  1. Depresi

Depresi adalah kondisi dimana hati dan pikiran kita sedang tidak stabil. Dalam kondisi seperti ini, biasanya kita akan mudah sekali marah dan juga sedih tanpa sebab yang jelas.

Bila kondisi ini berlangsung dalam waktu lama, maka akan mempengaruhi daya ingat atau memori kita karena otak anda tidak mampu merespon atau bekerja secara maksimal untuk mengingat masa lalu anda.

Jika mengalami kondisi ini, sebaiknya segeralah datang ke psikiater untuk mendapatkan konseling dan jalan keluar dari masalah yang anda hadapi.

  1. Hypothyroidism

Hypothyroidism merupakan gangguan yang terjadi akibat rendahnya hormone tiroid dalam tubuh.

Hormone ini bekerja untuk membawa nutrisi sampai ke otak. Apabila hormone tiroid rendah maka otak akan kekurangan nutrisi sehingga susah untuk mengingat.

  1. Sleep Apnea

Sleep apnea merupakan kelainan tidur dimana saluran pernapasan mengalami penyempitan. Kondisi ini akan menurunkan asupan kadar oksigen dalam otak.

Jika asupan oksigen ke otak menurun, maka dapat menyebabkan hilangya kesadaran sehingga menghilangkan sebagian memori yang ada dalam otak kita.

  1. Celiac disease

Celiac disease merupakan gangguan autoimun yang dapat mempengaruhi memori otak. Gangguan ini di awali dengan gejala sering migraine, cepat merasa kelelahan, nyeri sendi dan juga diare.

Baca Artikel Lainnya :

Jika mengalami gangguan ini, sebaiknya segera konsultasi ke dokter dan hindari mengkonsumsi alkohol. Pasien celiac disease disarankan untuk menjalani diet bebas gandum untuk membantu menyembuhkan gangguan ini.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *