Daftar Gempa Bumi Paling Dahsyat Dalam Sejarah Dunia

Gempa bumi merupakan peristiwa terjadinya guncangan pada permukaan bumi yang disebabkan pergeseran pada lempeng bumi. Kekuatan setiap gempa berbeda-beda.

Ada yang tergolong gempa ringan, namun ada juga gempa dengan skala yang besar sehingga menghancurkan banyak bangunan serta menewaskan banyak orang. Berikut ini beberapa gempa bumi yang dinyatakan paling dahyat dalam sejarah:

n 41

1. Gempa Antiokhia

Merupakan gempa yang terjadi tahun 526, yang memporak-porandakan Suriah dan Antiokhia. Kedua wilayah ini berada dalam kekaisaran Bizantium. Diperkirakan 250.000 orang meninggal akibat gempa ini.

2. Gempa Shaanxi

Peristiwa ini terjadi pada 1556 pada masa pemerintahan Dinasti Ming. Menghancurkan 97 kabupaten di daerah Henan, Gansu, Hebei, Hubei, Shandong, Jiangsu, Hunan dan lainnya. Sekitar 840 km2 wilayah yang terkena dampak gempa bumi ini.

Dan menewaskan hampir 830.000 orang. Besarnya jumlah korban saat itu, dikarenakan masyarakat yang banyak tinggal di goa-goa buatan yang terdapat di tebing. Goncangan gempa membuat struktur goa longsor dan menimbun penghuninya.

Sehingga banyak korban yang meninggal seketika karena runtuhan. Peristiwa gempa ini dalam sejarah Cina dikenal dengan The Great Jiajing.

3. Gempa Haiyuan

Peristiwa ini terjadi pada 16 Desember 1920 dengan pusat gempa yang terjadi di Haiyuan, Ningxia, China. Gempa yang berkekuatan 7, 8 skala Richter ini menghancurkan wilauah Lijunbu, Haiyuan dan Ganyanchi. Menewaskan 73.000 orang di Haiyuan dan 30.000 di Guyuan County.

Bahkan sebuah desa di wilayah Xiji terkubur akibat tanah longsor. Kerusakan yang disebabkan oleh gempa bumi ini menjangkau 7 provinsi sekitarnya. Gempa ini juga disebut Gempa Gansu 1920 karena Ningxia yang terdapat di provinsi Gansu.

4. Gempa Tangshan

Gempa bumi Tangshan terjadi pada 28 Juli 1976. Pusat gempa disinyalir terjadi di Kota Tangshan, Hebei. Kekuatan 7, 8 skala Richter, bahkan menurut beberapa sumber kekuatannya mencapai 8, 2 skala Richter.

Gempa ini mengguncang selama 23 detik dan menyebabkan korban tewas sebanyak 255.000 orang. Sementara 164.000 orang lainnya dinyatakan luka-luka. Ini diyakini sebagai gempa terbesar abad 20 yang terjadi di Cina.

5. Gempa Aceh, Indonesia

Masyarakat Indonesia tidak akan lupa akan kejadian 26 Desember 2004 ini. Sebuah gempa dengan skala 9, 3 skala Richter ini terjadi di Samudra Hindia, lepas pantai barat Provinsi Aceh. Pusat gempa diketahui terletak di kedalaman 10 meter dan sekitar 160 km sebelah barat Aceh.

Baca Artikel Lainnya :

Gempa ini menyebabkan ombak tsunami setinggi 9 meter yang menewaskan 230.000 orang di 8 negara. Menghancurkan banyak sekali infrastruktur di berbagai negara. Dan korban terbanyak terdapat di Indonesia, Thailand, Sri Langka dan India. Di Indonesia, kota yang terkena dampak yang parah akibat gempa ini adalah Aceh dan Nias.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *