Daftar Ikan Berikut Memiliki Gigi Seperti Manusia

Ikan adalah binatang tipe perairan yang sangat akrab di kehidupan kita.Danau, laut, dan sungai menjadi ekosistem utama mereka. Binatang ini sudah ada sejak jutaan tahun yang lalu dan berevolusi menjadi tipe yang berbeda-beda. Uniknya, ada dua tipe utama ikan yang memiliki deretan gigi seperti manusia.

Yang pertama adalah ikan pacu yang diyakini sebagai kerabat jauh ikan piranha.Seorang nelayan asal Rusia bernama Aleks Korobov tak sengaja menjaring ikan pacu saat sedang mencari ikan di Sungai Northern Dvina yang berlokasi di Distrik Oblast, Rusia.

t-97

Awalnya, ia mengira bahwa ikan yang ia tangkap merupakan ikan biasa. Namun, ia terkejut saat membuka bibir ikan tersebut karena menemukan deretan gigi yang sangat mirip dengan gigi manusia.

Korobov sudah melakukan cek keseluruhan terhadap ikan tersebut dan meyakini bahwa tidak ada kecacatan yang terjadi padaikan tersebut. Ikan tersebut ada dalam kondisi terbaiknya tanpa ada tanda-tanda anomali cacat.

Awalnya, semua teman Korobov juga tak percaya dengan ceritanya tentang ikan tersebut. Namun, setelah Korobov menunjukkan ikan temuannya, mereka semua menjadi kaget dan tidak percaya.

Institut Perikanan dan Oseanografi Rusia telah melakukan autopsy dan seluruh rangkaian pemeriksaan terhadap ikan tersebut dan meyakini bahwa ikan tersebut masih memiliki kekerabatan dekat dengan ikan piranha. Namun, ikan tersebut adalah tipe herbivora alias pemakan tumbuhan.

Ikan lain yang memiliki susunan gigi serupa manusia adalah ikan sheep shead. Ikan ini umumnya ditemukan di sepanjang garis pantai Atlantis, dari Cape God hingga semenanjung Meksiko.

Ikan ini memiliki lebih banyak susunan geraham di atas dan bahwa rahang untuk memudahkan nyamel umat makanan bertipe kerang dan cangkang di perairan.

Tidak jelas mengapa ikan ini diberi nama “sheepshead” yang berarti kepala domba dalam Bahasa Indonesia. Mungkin karena susunan giginya yang menyerupai susunan gigi domba dan juga manusia.

Baca Artikel Lainnya :

Beberapa peneliti memang menuturkan bahwa sesungguhnya susunan gigi manusia banyak kemiripan dengan beberapa binatang vertebrata lain, tak hanya ikan semata. Hal itu dikarenakan struktur morfologi dari evolusi bentuk gigi dan rahang menyesuaikan dengan makanan yang dikonsumsi setiap hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *