Daftar Kampus yang Memberikan Beasiswa untuk Mahasiswa yang Hapal 30 Juz Alquran            

Selain keutamaan dan tempat yang luhur di sisi Allah, para penghafal Quran atau yang sering disebut hafidz dan hafidzah juga memiliki nilai lebih di mata umat muslim sesamanya. Hal itu lumrah sebab menghafal ribuan ayat secara sempurna di luar kepala bukanlah sesuatu yang mudah dan dapat dilakukan oleh semua orang.

jin

Para hafidz dan hafidzah merupakan orang yang tekun dan disiplin. Dengan kemampuannya menyimpan dengan betul setiap ayat beserta hukum bacannya ke dalam memori otak, sudah barang tentu mereka memiliki keutamaan hidup yang selaras dengan ilmunya.

Sebagai bentuk apresiasi dan dorongan agar angka penghapal Quran meningkat di Indonesia, beberapa universitas memberikan beasiswa pendidikan bagi para hafidz dan hafidzah. Berikut daftarnya untuk Anda.

Universitas Islam Sultan Agung (Unissula)

Kampus Islam yang berlokasi di Semarang, Jawa Tengah ini memberikan beasiswa hingga 100% melalui program Dana Rutin Pengembangan (DRP) yang telah lama dilakukan. Beberapa jurusan yang ditawarkan adalah bidang studi ekonomi, teknik dan kedokteran gigi. Silakan daftar melalui jalur beasiswa dengan mengecek website unissula.ac.id

Sekolah Tinggi Ekonomi Islam SEBI (STEI SEBI)

Kampus Islam yang memiliki kompetensi di bidang perekonomian ini menyediakan program “Beasiswa Hafidz Quran Ahli Ekonomi Syariah”.

Program yang bekerja sama dengan berbagai donator ini memiliki misi untuk mendidik dan membina para penghapal Quran untuk mampu dan paham pengaplikasian ekonomi syariah. Cek kelengkapan dan persayaratan lainnya di website sebi.ac.id.

Universitas Islam Indonesia (UII)

Kampus yang terletak di Yogyakarta ini secara rutin memberikan beasiswa bagi penghapal Quran 15 juz dan 30 juz. Program pendidikan dan admisinya diselenggarakan secara serentak bersama dengan admisi regular setiap tahunnya.

Beasiswa Hafidz 15 Juz yaitu pembebasan biaya studi meliputi SPP selama studi, sumbangan Catur Dharma (uang pangkal), biaya Kuliah Kerja Nyata atau KKN, serta biaya tugas akhir. Sedangkan beasiswa Hafidz 30 Juz akan ditambahkan pula bantuan biaya hidup per bulan sebesar Rp 450.000,00. Silakan cek kelengkapan dan jadualnya di website uii.ac.id.

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki Malang)

Universitas Islam yang terletak di Malang, jawa Timur ini menyelenggarakan penerimaan beasiswa bagi penghapal Quran dengan minimal 10 Juz. Ada banyak program studi yang ditawarkan, seperti Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Syari’ah, Psikologi, dan Ekonomi. Anda dapat mengikuti perkembangan terbarunya di website uin-malang.ac.id.

Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS)

Diaktifkan sejak tahun 2012, siswa setingkat SMA yang memiliki kemampuan mengapal Quran bisa masuk ke kampus ini tanpa ujian tertulis.

Syarat minimal 15 Juz merupakan persyaratan yang harus dibuktikan dengan menyerahkan “sertifikat tahfidz” dari lembaga kompeten terakreditasi dengan masa paling lama dua tahun. Cek jadwal dan persyaratan admisi lainnya di website uns.ac.id.

Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN Suka)

Kampus yang berlokasi di kota pelajar Yogyakarta ini secara rutin menyediakan beasiswa bagi para penghapal Quran setiap tahunnya.

Menetapkan standard yang cukup tinggi, UIN Suka mensyaratkan minimal hafalan 26 Juz. Istimewanya, kampus ini juga menyediakan pendaftaran tanpa tes dan juga beasiswa bagi calon mahasiswa yang pernah menjadi juara Qori tingkat nasional. Cek informasi lebih lanjutnya di website uin-suka.ac.id.

Universitas Abdurrab Pekanbaru (Univrab)

Kampus Islam yang berada di Pekanbaru ini terus memberikan beasiswa bagi penghapal Quran secara teratur setiap tahunnya.

Baca Juga :

Syarat minimal 30 Juz menjadi syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan beasiswa ini. Ada beberapa program studi yang ditawarkan, antara lain psikologi, profesi dokter, dan hubungan internasional. Cek informasi lebih lanjut di website univrab.ac.id.

Universitas Negeri Malang (UM)

Dengan syarat hafalan Quran 20 Juz, UM menyediakan beasiswa untuk mempelajari aneka macam program studi sebanyak 68 jenis.

Uniknya, UM juga menerima kompetensi istimewa untuk masuk tanpa tes bagi mereka pemenang MTQ dan seni kaligrafi. Cek lebih lanjut informasinya di website um.ac.id.

Itulah beberapa universitas di Indonesia yang menyediakan beasiswa bagi para penghapal Quran. Harapannya, semakin banyak kampus di negeri ini yang memberikan apresiasi bagi para penghapal Quran. Selamat memilih kampus!

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *