Daftar Prajurit Berani Mati Sepanjang Sejarah

Berani mati merupakan kalimat yang bermakna terhadap rela berkorban demi apa yang dituju dan yang diselamatkan, pengertian dalam berani mati dapat juga dikatakan orang yang rela mengorbankan nafas dan jiwanya terhadap sesuatu yang dijunjung, lebih spesifik dapat dikaitkan terhadap pengorbanan kepada Negara.

Banyak prajurit pada zaman dahulu (perang dunia) yang rela mati demi tercapainya tujuan atau mempertahankan suatu yang urgen.

Sesuai dengan tema pembahasan kali ini, kami akan membagikan daftar prajurit berani mati sepanjang sejarah, berikut nama-namanya dan info singkatnya:

1. Frank Luke (1918)

p 154

Frank Luke merupakan satu dari sekian banyak pilot pesawat tempur Amerika yang mempunyai reputasi terbaik.

Singkat cerita penerbangan terakhir luke tepat terjadi di Perancis kota Murvaux tahun 1918. Beliau mengalami pertempuran dengan sendirian, namun beliau berhasil menjatuhkan 2 balon udaranya ke arah musuh, sehingga membuat banyak pesawat tempur musuh untuk mengejarnya

Walaupun terkepung tidak menyurutkan niat Luke untuk terus menyerang. Luka-luka parah yang beliau alami akibat rentetan tembakan senapan mesin musuh tak dihiraukannya, yang ada hanya suatu kobaran semangat yang membara, hal tersebut membuat Luke untuk memutuskan mendarat dengan darurat disuatu lapangan terbuka.

Walau sadar telah dikepung dari segala penjuru dan tahu bakalan akan mati, Luke tetap bersih kukuh untuk tidak mati sia-sia. Beliau dengan sigap mengeluarkan pistol Colt Model 1911 miliknya untuk  menembak tentara-tentara musuh disaat-saat terakhir nya, dan akhirnya beliau tewas karena mendapati luka tembak didada dan punggung

Dengan hal tersebut akhirnya membuat beliau dianugerahi penghargaan kehormatan “Medal Of Honor” untuk pertama kalinya sebagai penerbang pesawat tempur Amerika yang berani mati.

2. Thomas A Baker (1944)

p 155

Baker merupakan bagian dari gabungan tentara darat dan laut Amerika Serikat yang bertugas  dalam merebut pulau Mariana Saipan dari bangsa Jepang.

Singkat cerita bahwa Saat itu separuh tentara Amerika terpaksa harus mundur dari medan, Baker yang terluka sadar bahwa dirinya yang terluka tentu akan memperlambat pasukan untuk mundur.

Lalu dengan keberanian rela berkorban, beliau meminta untuk diturunkan lalu dibaringkan kebelakang suatu pohon, dengan berbekal senjata pistol Colt 1911 yang  terisi 8 peluru, lalu menyuruh semua prajurit yang tersisa untuk mundur.

Ketika bangsa Amerika kembali merebut pulau Saipan tepat sebulan aksi berani Baker, mereka tak sengaja menemukan jasad Baker masih tetap  bersender di pohon yang sama.

Pistol Colt 1911 yang kosong menjadi saksi bisu betapa sengit pertarungan yang dihadapi Baker.  Dengan didepannya  kini terhampar 8 tentara Jepang tewas,  hal tersebut sama seperti dengan  jumlah peluru yang dimiliki baker saat terakhir ditinggal.

3. (1189) Saito Musashibo Benkei

4. (1066) Vikings Di Jembatan Stamford

5. (197 SM) Dian Wei

6. (331 SM) Agis III Of Sparta

Baca Artikel Lainnya :

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *