Daftar Sekretaris Jenderal PBB dan Peranannya

Daftar Sekretaris Jenderal PBB dan Peranannya – Sekretaris Jenderal PBB merupakan pemimpin dari kesekretariatan PBB, satu dari jabatan dalam organisasi PBB ini. Sekretaris Jenderal juga berperan sebagai juru bicara dan pemimpin di PBB. Peranan sekretaris jenderal PBB adalah sebagai seorang diplomat dan advokat, pelayan masyarakat dan juga CEO. Atau dapat dibilang bahwa sekretaris jenderal peranannya sebagai kepala administrasi kantor dalam suatu organisasi tetapi tidak mendiktator.pbb

Kantor resmi Sekretaris jenderal PBB di sebuah kota di Sutton Place, Manhattan di New York, Amerika Serikat. Sebuah rumah yang dijadikan tempat kesekretariatan PBB ini dibangun oleh Anne Morgan pada tahun 1921 kemudian rumah itu didonasikan ke PBB pada tahun 1972.

Sekretaris jenderal PBB menjabat selama lima tahun yang dapat diperbaharui denga tidak menentu meskipun sampai saat ini belum pernah ada yang menjabat lebih dari dua periode. Setiap periodenya selama lima tahun. Untuk menjadi calon sekretaris jenderal, kandidat harus diajukan oleh dewan keamanan. Kebanyakan sekretaris jenderal merupakam kandidat yang disetujui bersama.

Berikut ini adalah daftar siapa saja yang pernah atau masih menjabat sebagai Sekretaris jenderal PBB :

  • Gladwyn Jebb

Setelah perang dunia II, di awal pembentukan organisasi internasional (PBB) ini, Gladwyn Jebb bertindak sebagai sekretaris eksklusif sementara dari komisi persiapan PBB di bulan Agustus 1945 sebelum dilakukan pemilihan sekretaris jenderal yang pertama. Gladwyn Jebb berasal dari Amerika Serikat. Gladwyn Jebb menjabat sejak tanggal 24 Oktober 1945 hingga 1 Februari 1946.

  • Trygve Lie

Trygve Lie merupakan sekretaris jenderal PBB yang pertama kali terpilih. Trygve Lie menjabat sejak tanggal 2 Februari 1946 hingga 10 November 1952, berhentinya Trygve Lie menjadi sekretaris jenderal PBB karena keputusannya untuk berhenti.

Trygve Lie merupakan seorang menteri luar negeri dan mantan pemimpin tenaga kerja dan berasal dari Norwegia. Trygve Lie direkomendasikan oleh Uni Soviet untuk mengisi posisi sekretaris jenderal. Setelah keterlibatan PBB di dalam perang Korea, Uni Soviet menggunakan hak veto untuk menjadikan Trygve Lie kembali di tahun 1951.

  • Dag Hammarskjöld

Dag Hammarskjöld berasal dari Swedia, menjabat sejak tanggal 10 April 1953 sampai tanggal 18 September 1961. Setelah pemilihan beberapa kandidat, akhirnya Dag Hammarskjöld menjadi pilihan yang diterima oleh dewan keamanan PBB. Dag Hammarskjöld dipilih kembali dengan suara bulat untuk periode keduanya di tahun 1957.

Uni Soviet sempat marah akan kepemimpinan Dag Hammarskjöld selama krisis Congo dan menyarankan posisi sekretaris jenderal digantikan oleh sebuah Troika atau tiga orang eksekutif. Mendapatkan perlawanan dari Negara-negara barat, Uni Soviet menyerah terhadap sarannya. Dag Hammarskjöld terbunuh di sebuah kecelakaan pesawat di Zambia pada tahun 1961 ketika dalam misi perdamaian ke Congo. Presiden John F Kennedy menyebut Dag Hammarskjöld sebagai negarawan di abad kita.

  • U Thant

U Thant merupakan sekretaris jenderal PBB ke tiga. U Thant menduduki jabatan ini sejak tanggal 30 November 1961 hingga tanggal 31 Desember 1971. U Thant berasal dari Burma dan menjabat sebagai sekretaris jenderal PBB selama dua periode. Di dalam proses penggantian sekretaris jenderal sebelumnya, Negara-negara berkembang memaksa untuk memilih kandidat yang bukan dari Eropa dan Bukan dari Amerika.

U Thant dinominasikan. Bagaimanapun, karena perlawanan dari Perancis dan Negara-negara Arab (karna Burma mendukung Israel), U Thant hanya menduduki posisi kosong yang ditinggalkan sekretaris jenderal sebelumnya. U Thant merupakan sekretaris jenderal dari Asia yang pertama.

Tahun berikutnya, pada tanggal 30 November, U Thant dipilih kembali dengan suara bulat untuk periode baru pada tanggal 3 November 1966. U Thant dipilih kembali pada tanggal 2 Desember 1966, dan berakhir pada tanggal 31 Desember 1971. U Thant tidak mengikuti pemilihan untuk periode ketiga.

  • Kurt Waldheim

Kurt Waldheim menduduki jabatan sejak 1 Januari 1972 hingga 31 Desember 1981. Kurt Waldheim berasal dari Austria. Meskipun Tiongkok sangat menentang Kurt Waldheim menjadi sekretaris jenderal. Di pertengahan tahun 1980an, terbongkar bahwa setelah perang dunia ke II komisi Kriminal Perang PBB melebeli Kurt Waldheim sebagai seorang tertuduh criminal perang berdasarkan keterlibatannya dengan tentara Nazi Jerman.

  • Javier Pérez de Cuéllar

Javier Pérez de Cuéllar menjabat sebagai sekretaris jenderal PBB sejak tanggal 1 Januari 1982 hingga 31 Desember 1981. Javier Pérez de Cuéllar berasal dari Negara Peru. Javier Pérez de Cuéllar dipilih setelah lima minggu keputusan tetap antara pemilihan kembali sekretaris jenderal sebelumnya dan kandidat yang diajukan Tiongkok, Salim Ahmed Salim dari Tanzania.

Javier Pérez de Cuéllar merupakan seorang diplomat Peru dan merupakan kandidat yang menjanjikan dan menjadi sekretaris jenderal dari Amerika yang pertama. Javier Pérez de Cuéllar dipilih kembali dengan suara bulat pada tahun 1986.

  • Boutros Boutros-Ghali

Boutros Boutros-Ghali menduduki posisi sekretaris jenderal PBB sejak tanggal 1 Januari 1992 sampai tanggal 31 Desember 1996. Boutros Boutros-Ghali berasal dari Mesir dan hanya menjabat selama satu periode karena Amerika serikat menentang keikutannya dalam pemilihan pada periode berikutnya.

  • Kofi Annan

Pada tanggal 13 Desember 1996, dewan keamanan PBB merekomendasikan Kofi Annan dan terpilih dalam pemilihan. Kofi Annan menjabat sejak tanggal 1 Januari 1997 hingga 31 Desember 2006. Kofi Annan menjabat dua kali periode. Kofi annan berasal dari Ghana Afrika.

  • Ban Ki-moon

Ban Ki-moon merupakan sekretaris jenderal pertama yang berasal dari Asia bagian Timur. Masih menjabat sebagai sekretaris jenderal PBB saat ini dan sekarang merupakan periode keduanya. Ban Ki-moon dipilih dengan suara bulat pada pemilihan period eke duanya. Sebelumnya Ban Ki-moon merupakan menteri luar negeri Korea selatan.

Baca juga : Nelson Mandela, Tokoh Perdamaian Dunia

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *