Dampak Berbahaya Merokok Saat Berbuka Puasa

Dampak Berbahaya Merokok Saat Berbuka Puasa – Berpuasa merupakan salah satu kewajiban yang harus dilakukan umat islam selama bulan suci ramadhan, namun ketika berpuasa tidak disarankan untuk melakukan sebuah kegiatan buruk karena dapat membatalkan puasa atau mengurangi pahala.  Berbicara tentang merokok ketika buka puasa memang sangat tidak disarankan karena akan sangat membahayakan kesehatan.

2.1

Kebanyakan orang terutamanya pria, sebagian besar menungggu atau menantikan waktu berbuka puasa untuk melanjutkan kebiasaan buruknya yaitu merokok.  Padahal meroko  merupakan memiliki bahaya yang jauh lebih besar ketika dilakukan setelah berbuka puasa.

Merokok ketika berbuka puasa sangat berbahaya, karena gumpalan asap rokok yang telah di hirup dalam jangka waktu yang lama, dapat memicunya gejala kontraksi kardiovaskular yang serius. Hal ini juga dinyatakan oleh Dokter spesialis jantung di KPJ Tawakkal Specialist Hospital Kualu Lumpur, Malaysia menyatakan bahwa ketika berpuasa seharian tubuh akan membutuhkan cairan, glukosa dan oksigen yang lebih banyak dibandingkan pada biasanya. Merokok akan mengakibatkan timbulnya kontraksi pembuluh darah dan akan menghambat aliran oksigen yang dibutuhkan tubuh, sehingga dapat memicu serangan jantung.

Serangan jantung ( Infark miokardial ) merupakan salah satu dimana suatau keadaan yang mengalami pembatasan atau pemutusan secara mendadak aliran darah ke jantung, yang menyebabkan kontraksi otot jantung mati karena kekurangan oksigen.  Serangan jantung biasanya terjadi karena adanya penyumbatan pada arterio koroner yang akan menyebabkan terbatasnya atau terputusnya aliran dara ke suatu bagian jantung. Jika terputus hanya beberapa menit saja, akan mengakibatkan jaringan jantung akan mati.

Kemampuan untuk memompa jantung yang sudah mengalami serangan jantung secara langsung dengan luas dan lokasi kerusakan pada jaringan. Jika lebih dari setengah jaringan janting mengalami kerusakan, biasanya jantung akan tidak dapat berfungsi. Bahkan walaupun dengan kerusakan tidak luas jantung tidak akan memompa dengan baik, sehingga mengakibatkan gagal jantung atau syok.

Penyebab lain dari serangan jantung adalah adanya kejang arteri yang akan menyebabkan terhentinya aliran darah, kejang ini bisa disebabkan oleh obat yang mengandung kokain atau karena merokok, tetapi kadang penyebabkan tidak diketahui.

Baca juga :

Itulah dampak berbahaya merokok saat berbuka puasa semoga informasi kami berguna dan bermanfaat.

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *