5 Dampak Buruk Obesitas Atau Kegemukan Bagi Kesehatan

Dampak Buruk Obesitas Atau Kegemukan  Bagi Kesehatan – Obesitas atau kegemukan adalah salah satu kondisi dimana seseorang mengalami berat badan berlebih batas ideal tubuh yang di miliki. Obesitas biasanya disebabkan karena penumpukan dan penimbunan lemak didalam tubuh. Memang benar kegemukan ini disebabkan karena kebanyakan lemak yang menumpuk di dalam tubuh sehingga menyebabkan gemuk dan melar.

2

Namun sebenarnya setiap orang membutuhkan lemak di dalam tubuh juga untuk cadangan energi. Tetapi tidak berlebihan yang akan membuat berbagai gangguan di dalam tubuh, yang mengakibatkan berat badan meningkat dan obesitas tersebut muncul. Bukan hanya itu, akan memperburuk penampilan, lebih rentan terhadap berbagai macam yang menyerang, bahkan serangan jantung pun akan menyerang orang yang menderita keobsitas atau kegemukan.

Menderita obesitas atau kegemukan merupakan masalah yang serius yang harus di hadapi dan diatasi segera, namun jika tidak di atasi akan memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Berikut dampak buruk obesitas atau kegemukan bagi kesehatan yang harus di ketahui bagi yang menderita obesitas atau kegemukan.

1. Sulit bernafas

Dampak obesitas atau kegemukan yang paling banyak di alami banyak orang adalah sulit bernafas, nafas menjadi lebih pendek. Hal ini dikarenakan adanya penimbunan lemak di bagian dada, leher sehingga kebanyakan orang gemuk akan kesulitan untuk bernafas bahkan akan mengakibatkan beberapa penyakit datang karena kesulitannya bernafas.

2. Meningkatkan asam lambung

Dampak buruk berikutnya adalah meningkatnya asam lambung. Hal ini dikarenakan karena lemak yang ada di dalam tubuh akan menekan daerah lambung yang akan mengakibatkan peningkatan asam lambung akan naik dan hal ini tentunya akan menganggu kesehatan tubuh yang akan mengakibatkan lambung akan tidak berjalan dengan baik.

3. Menyebabkan nyeri persendian dan lutut

Jika mengalami nyeri pada persendian dan lutut biasanya akan banyak dialami oleh orang yang menderita obesitas. Hal ini dikarenakan peningkatan berat badan yang disebabkan penumpukan lemak, yang akan menekannya tekanan berat badan pada persendian dan lutut yang akan mengakibatkan merasa nyeri pada persendian dan lutut.

4. Resiko stroke dan jantung

Jika menderita tekanan darah tinggi dan diimbangi dengan kolesterol akan mengakibatkan beberapa penyakit serius akan muncul terutamnya serangan jantung dan bahkan stroke akan muncul.  Timbunan lemak yang terdapat di dalam pembuluh darah akan mengakibatkan kinerja jantung akan berkerja keras sehingga mengakibatkan serangan jantung, dan terganggunya aliran darah menuju ke otak akan menyebabkan orang yang menderita akan menderita stroke.

5. Diabetes

Diabetes tipe 2 biasanya akan lebih rentan menyerang orang yang menderita obesitas atau kegemukan. Hal ini karena orang yang menderita obesitas, insulin yang akan di hasilan oleh pankreas akan mengalami gangguan komplikasi sehingga tidak dapat berkerja dan berjalan dengan baik. Akibat kemampuan pangkreas tidak berjalan dengan baik akan mengakibatkan penyakit diabetes tipe 2 akan muncul dalam tubuh.

Baca juga : 

Itulah ulasan tentang 5 dambak buruk obesitas atau kegemukan, semoga informasi yang kami berikan berguna dan bermanfaat.

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *