Dampak dan Cara Pencegahan Populasi/Pencemaran Dalam Tanah

Dampak dan Cara Pencegahan Populasi/Pencemaran Dalam Tanah – Polusi atau pencemaran tanah merupakan salah satu masalah ekosistem yang tak dapat disepelehkan begitu saja karena memberi banyak pengaruh negative terhadap keseimbangan lingkungan. Pencemaran tanah pada dasarnya bisa terjadi apabila tanah terkontaminasi oleh berbagai limbah kimia berbahaya yang memiliki racun yang dapat merusak lingkungan. Limbah kimia tersebut tentu bisa muncul dan tercampur tanah akibat aktivitas manusia yang kurang peduli atau kurang menyadari betapa besar pengaruh aktivitasnya terhadap keseimbangan lingkungan dan ekosistem di sekitar.

pop

Setidaknya ada dua macam dampak yang bisa timbul akibat pencemaran tanah, antara lain:

  • Ketidakseimbangan ekosistem.

Pencemaran tanah dapat membuat tanaman kesulitan mendapatkan zat hara dalam tanah dan kehidupan spesies khususnya pengurai yang tinggal di dalam tanah menjadi terganggu dan mati sehingga aktivitas rantai makanan dalam ekosistem tersebut tak dapat berjalan baik.

  • Dampak kesehatan.

Jika anda menyentuh tanah atau air tanah yang tercemar, berbagai dampak buruk kesehatan seperti pusing, iritasi mata, gangguan syaraf hingga masalah ginjal dapat timbul dan membahayakan kesehatan.

Supaya dampak yang timbul terhadap ekosistem dan kesehatan tadi dapat dihindari dan dicegah sebelum terlambat, diperlukan tindakan penanganan yang tepat oleh seluruh masyarakat. Berikut ini cara pencegahan yang dapat dilakukan, yaitu:

  1. Melakukan daur ulang sampah dengan baik.
  2. Tidak membuang sampah sembarangan.
  3. Mengurangi pemakaian bahan kimia berbahaya.
  4. Remediasi, kegiatan yang bertujuan untuk membersihkan permukaan tanah yang tercemar.
  5. Bioremediasi, tindakan pembersihan tanah dari polusi dengan mengandalkan mikroorganisme seperti jamur dan juga bakteri.

Apabila beberapa langkah nyata pencegahan yang disebutkan tadi dilakukan dengan baik oleh seluruh masyarakat, maka berbagai masalah akibat pencemaran tanah dapat dihindari sedini mungkin. Kelangsungan hidup semua komponen dalam ekosistem akan terjaga dan seimbang satu sama lain. Hubungan timbal balik yang terjadi antara makhluk hidup dan lingkungannya dapat berlangsung dengan baik. Jadi dari sekarang, tanamkanlah kesadaran dalam diri untuk selalu menjaga dan melestarikan lingkungan dengan baik supaya tidak ada dampak buruk yang merugikan di kemudian hari.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *