Dampak Negatif Apabila Kamu Pecandu Handphone

Smartphone semakin membudaya di zaman sekarang ini. Hampir tidak ada orang yang tidak memegang smartphone di tangannya. Bahkan, smartphone bisa menggantikan posisi beras atau nasi sebagai menu utama kebanyakan orang Indonesia.

Sebab, smartphone selalu dibawa setiap waktu—dimanapun dan kapanpun. Sebelum tidur pun, seseorang akan mengecek smartphone-nya terlebih dahulu.

l 1

Namun, tentu saja penggunaan smartphone ini juga membawa dampak negatif, terlebih karena orang menggunakannya setiap waktu sekarang ini.

Apa saja dampak negatif yang diakibatkan oleh smartphone ini? Check this out!

1. Gangguan penglihatan

l 2

Intensitas seseorang dalam melihat layar handphone yang terlalu sering bisa menimbulkan gangguan penglihatan yang dalam dunia medis disebut sebagai Computer Vision Syndrome.

Gejala dari penyakit tersebut dimulai dengan mata terasa kering karena jarang berkedip.

Sebagai langkah preventif agar tidak terkena syndrome tersebut, sebaiknya mulai sekarang kita lakukan hal berikut.

  • kurangi intensitas dalam memandangi layar smartphone.
  • Hindari penggunaan smartphone di tempat yang pencahayaannya kurang karena dapat memicu syaraf dan otot mata untuk bekerja lebih keras.
  • Hindari juga penggunaan smartphone pada posisi tubuh sambil tiduran atau miring.

2. Blurry Vision

l 3

Terlalu lama memandangi layar smartphone bisa membuat tegang pada otot mata sehingga ia sulit memfokuskan penglihatan dengan cepat pada jarak yang berbeda.

Untuk mengatasinya, Anda bisa memejamkan mata sekitar 10 detik saja setelah memandangi smartphone Anda cukup lama, baru kemudian memandang ke arah lain.

3. Produktivitas berkurang

l 4

Pada dasarnya, smartphone diciptakan untuk salah satunya meningkatkan produktivitas penggunanya dalam kesehariannya, seperti browsing informasi, menerima dan membalas email, atau membuat dokumen yang diperlukan.

Namun, lain lagi kalau fungsi smartphone jadi bergeser dengan hanya digunakan sebagai fitur penunjang eksisme di media sosial—tanpa ada hubungannya dengan pekerjaan, hubungan sosial dan lain sebagainya—seperti Instagram, facebook, twitter, path dan sebagainya.

Lebih parah lagi kalau smartphone hanya digunakan untuk memuaskan hasrat terhadap game tertentu.

Hal-hal tersebutlah yang dapat mengurangi produktivitas seseorang karena waktu yang seharusnya digunakan untuk melakukan hal yang lebih produktif jadi terbuang dengan mengerjakan hal-hal tadi.

4. Dapat memicu rusaknya otak

l 5

Meski radiasi ponsel masih diperdebatkan oleh para ahli, namun dari beberapa penelitian yang dilakukan terbukti bahwa radiasi ponsel dapat memicu tumbuhnya tumor dan penyakit lain seperti insomnia.

Kasus yang paling banyak terjadi saat ini adalah timbulnya rasa pusing atau sakit kepala dan mual akibat menatap layar ponsel terlalu lama.

5. Gangguan tidur

l 6

Baca Artikel Lainnya :

Cahaya biru yang dikeluarkan oleh layar smartphone Anda, diduga dapat mengganggu hormon tidur manusia. Solusinya, disarankan untuk mengurangi kecerahan layar smartphone saat menggunakannya dalam keadaan kurang cahaya.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *