Dampak Negatif bila Kamu Menggunakan Bedak Tabur

Bedak tabor atau biasa disebut talcum powder dalam bahasa Inggris terbuat dari magnesium silikat yang merupakan mineral hasil bentukan magnesium, silikon, dan oksigen.

Dengan penggunaan cukup dan teratur di permukaan kulit, bedak tabor dapat menjaga kelembapan kulit dan menghindarkannya dari pecah-pecah. Dewasa ini bedak tabor telah digunakan sebagai campuran bahan baku kosmetik dan produk kebersihan badan sehari-hari.

s 51

Di balik manfaatnya bagi manusia, ternyata bedak tabor juga memiliki risiko keamanan dan kesehatan yang patut untuk diwaspadai. Di bawah ini ada beberapa risiko yang dapat ditimbulkan oleh bedak tabor dari level yang terendah hingga level yang tertinggi.

  1. Gangguan Pernapasan; Bedak tabor dapat menimbulkan gangguan pernapasan, terutama pada anak bayi. Bedak tabor memiliki butiran halus yang relative sulit untuk disaring oleh rongga hidung anak bayi.
  2. Talkosis atau Radang Paru; ketika digunakan, bedak tabor akan menguap di udara dan menggumpal. Ketika terhirup, partikel-partikelnya dapat menyebabkan bersin, sesak napas dan batuk. Hal-hal tersebut bila semakin parah dapat menimbulkan radang paru kronis atau yang biasa disebut talcosis.
  3. Pneunomia dan Gejala Asma; Dalam jangka waktu yang lama, menghirup bedak tabur yang menguap di udara akan menimbulkan penunomia dan meningkatkan risiko asma bagi beberapa orang yang sangat sensitif. Menurut beberapa penelitian, orang yang terpapar bedak tabor dalam jangka waktu lama dan konstan akan berisi ko untuk terpapar gangguan pernapasan kronis dan kanker paru.

Secara garis besar, gangguan keamanan dan kesehatan yang ditimbulkan oleh penggunaan bedak tabor berkisar hanya pada masalah pernapasan dan tidak memiliki dampak pada anggota tubuh lainnya.

Beberapa studi dan riset terbaru akhir-akhir ini pun mengungkapkan risiko gangguan pernapasan yang ditimbulkan oleh penggunaan bedak tabor terbilang sangat kecil.

Baca Artikel Lainnya :

Berdasarkan hal tersebut, Anda tidak perlu terlalu khawatir untuk menggunakan bedak tabor sebagai kosmetik sehari-hari Anda. Namun, usahakan untuk memakai bedak tabor secara wajar dan tak berlebihan.

Usahakan juga untuk memakai bedak tabur di ruangan yang memiliki ventilasi baik untuk menghindari risiko penguapan dan penggumpalan bedak tabur di udara.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *