Dampak Negatif Bila Terlalu Sering Menggunakan Headset

Kebiasaan mendengarkan MP3 player atau portable music player lainnya secara perlahan akan membuat telinga Anda mengalami cedera. Hal ini terjadi saat Anda terlalu sering memakai headphone atau headset dengan volume tinggi.

c 39

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa efek buruk akan datang ketika Anda terbiasa menggunakan headset 5 jam di dalam seminggu. Efek yang ditimbulkan sendiri berupa adanya kerusakan secara permanen yang kemungkinan besar terjadi di usia muda.

Sekarang ini dampaknya kemungkinan masih belum terlihat, tetapi kelak akan sangat terasa. Kebiasaan mendengarkan pemutar musik personal dalam waktu reguler dengan volume cukup tinggi semasa muda sering tidak berdampak pada pendengaran. Namun penting bagi Anda waspada terhadap beberapa efek buruk seperti berikut ini.

  • Kerusakan pendengaran permanen

Mendengarkan musik dengan menggunakan headset memang terasa sangat menyenangkan, terkadang ini dilakukan seseorang ketika menenangkan diri dari hiruk pikuk lingkungan sekitarnya.

Tetapi ketika volume musik yang Anda dengarkan terlalu kencang pada saat menggunakan headset akan menyebabkan indera pendengaran Anda mengalami kerusakan secara permanen.

Suara yang terlampau keras bisa menyebabkan munculnya dengungan di dalam rumah siput, kemudian mengakibatkan rasa lelah. Ketika hal semacam ini terjadi terus menerus, kemungkinan besar kerusakan secara permanen akan lebih cepat terjadi pada telinga Anda.

  • Gangguan pendengaran yang berujung tuli

Telinga manusia pada dasarnya memiliki tingkat volume khusus. Jika telinga seseorang melebihi batas normal dari suara yang bisa diterimanya, maka gangguan akan terjadi pada sel-sel rambut yang berguna untuk menangkap frekuensi suara. Sehingga gangguan pendengaran ini akan menyebabkan seseorang menjadi tuli.

Baca Artikel Lainnya :

Sebenarnya mendengarkan musik memang sangat bagus bagi kesehatan. Hal ini didukung oleh berbagai hasil penelitian yang telah dilakukan. Namun tentu saja berbeda ketika dilakukan secara terus menerus dengan menggunakan headset.

Mengingat gelombang elektromagnetik dari headset akan mengganggu sistem kerja otak dari pemakainya. Meskipun masih belum terbukti kebenarannya, tetapi dugaan sementara penggunaan headset membuat sistem kerja otak mengalami gangguan dalam kurun waktu yang tidak dapat diperkirakan.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *