Dampak Negatif Penggunaan Kawat Gigi

Dampak Negatif Penggunaan Kawat Gigi – Kawat gigi atau yang sekarang terkenal dengan nama gaulnya,behel,sudah jadi tren tersendiri. Banyak anak muda ataupun dewasa beramai-ramai menggunakan behel ini.

Untitled

Pada dasarnya,kawat gigi atau behel ini dugunakan untuk memperbaiki barisan gigi yang tak rapi. Namun sekarang banyak orang menggunakan behel hanya untuk alasan trend an gaya-gayaan.

Warnanya yang bervariasi makin membuat behel digemari. Behel berfungsi untuk merapikan gigi yang berantakan atau terlalu maju. Efek dari penggunaan behel dapat terlihat dengan jelas setelah paling tidak dua tahun penggunaan.

Tapi tahukah anda,behel memiliki dampak negative yang harus anda waspadai. Berikut adalah dampak dari penggunaan kawat gigi.

Susah untuk dibersihkan

Gigi yang menggunakan kawat gigi lebih sulit untuk dibersihkan. Ini karena kawat dan briket menghalangi gigi sehingga banyak sisa-sisa makanan tertinggal dibaliknya.

Anda bisa menggunakan sikat khusus pengguna behel untuk memastikan gigi anda dibersihkan dengan benar.

Muncul kuman dan bakteri

Kotoran yang tertinggal disela-sela gigi dapat menimbulkan bakteri. Bakteri itu juga dapat menyebabkan karies gigi hingga bau mulut. Disarankan anda menggunakan obat kumur supaya mulut anda tetap bersih dan bebas bakteri.

Penularan penyakit

Memasang behal ditempat-tempat tidak resmi dapat menambah resiko terkena penyakit tertentu. Itu diakibatkan karena penggunaan alat-alat yang tidak terjamin kebersihanya. Penyakit meular yang mengintai seperti hepatitis dan AIDS.

Gigi bisa goyah

Gigi yang terlalu lama tertekan oleh kawat gigi,dapat menimbulkan stress dan membuat gigi menjadi mudah goyang dan rapuh.

Baca Artikel Lainnya :

Awal-awal anda menggunakan kawat gigi,anda akan merasa kesekitan dimulut. Tapi rasa sakit itu akan hilang berangsur-angsur. Sakit mulut yang lama dapat memperburuk keadaan gigi yang akan menjadi makin tertekan.

Alergi

Kawat gigi mengandung berbagai jenis logam yang kurang ramah dengan gigi. Sekitar 30 persen pasien ortodontik mengalami alergi karena behel logam.

Disarankan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter gigi anda setidaknya 3 bulan sekali untuk mengechek apakah kawat gigi yang anda gunakan baik atau tidak. Semoga bermanfaat.

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *