Dampak Polusi Tanah Terhadap Kesehatan

pop2Dampak Polusi Tanah Terhadap Kesehatan – Seperti yang kita tahu, tanah merupakan salah satu faktor abiotik dalam lingkungan yang memiliki peran penting terhadap keseimbangan ekosistem di dalamnya. Tanah dapat dijadikan sebagai tempat berpijak setiap tanaman untuk tumbuh dan berkembang karena mengandung berbagai unsur yang amat bermanfaat. Tanah juga menjadi tempat hidup atau habitat berbagai jenis makhluk hidup pengurai yang berperan penting dalam siklus rantai makanan suatu ekosistem. Mengingat besarnya fungsi dan keberadaan tanah tersebut, tentu saja berbagai dampak buruk akan timbul apabila tanah mulai tercemar.

Pencemaran tanah adalah situasi dimana berbagai bahan-bahan yang sifatnya kimiawi masuk ke dalam tanah dan mulai menganggu keseimbangan di dalamnya. Bahan kimia tersebut bisa didapat dari ulah dan perbuatan manusia yang menggunakan pesticide berbahan kimia, membuang limbah kimia hasil industry sembarangan, menimbun sampah berbahan kimia hingga terjadinya kebocoran pipa limbah yang tertanam dalam tanah. Jika kandungan kimia dalam limbah tersebut sangat berbahaya, tentu saja akan mempengaruhi keseimbangan ekosistem tanah. Berbagai populasi dan spesies penting dalam rangkai makanan akan terganggu dan tidak berjalan secara seimbang.

Masalah ini juga berpotensi menimbulkan berbagai gangguan kesehatan. Zat kimia pada tanah dapat menguap dan tersapu oleh air hujan sehingga terserap dalam tanah sehingga zar beracun tersebut beresiko tercampur dengan air tanah. Apabila hal tersebut terjadi, berikut ini beberapa dampak kesehatan yang bisa ditimbulkannya jika bersentuhan dengan air tanah yang sudah tercemar, yaitu:

  1. Menimbulkan resiko gangguan kerusakan hati dan ginjal.
  2. Menyebabkan masalah kesehatan pada anak-anak.
  3. Berpotensi menyebabkan kerusakan otak.
  4. Memicu gangguan syaraf otot.
  5. Menimbulkan penurunan system syaraf pusat.

Selain beberapa hal tadi, masalah pencemaran tanah juga menyebabkan gejala letih, lemas, ruam kulit, sakit kepala dan lain sebagainya. Bahkan resiko buruk yang lebih berbahaya bisa saja ditimbulkan jika hal ini tidak segera ditangani dengan baik dan maksimal. Maka karena itu, menjaga kelestarian lingkungan termasuk keseimbangan tanah haruslah diperhatikan oleh kita semua sebelum menimbulkan masalah bagi berbagai populasi yang hidup di dalamnya dan menimbulkan ancaman kesehatan yang berbahaya bagi kita semua.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *