Dampak Yang Diakibatkan Terjadinya Diare

Dampak Yang Diakibatkan Terjadinya Diare – Diare, penyakit yang menyerang sistem pencernaan kita ini, jika berlanjut dalam waktu lama akan menimbulkan berbagai danpak terhadap tubuh. Selain itu, diare yang sudah akut juga sangat membahayakan penderitanya.

3

Nah, apa sajakah dampak yang terjadi akibat terjadinya diare? Berikut ulasannya.

  1. Dehidrasi

Orang yang mengalami diare hebat sangat beresiko untuk mengalami dehidrasi. Hal ini karena, saat diare, tubuh mengeluarkan lebih dari 5 liter cairan tubuh kita yang keluar pada saat buang air besar.

Apabila selama diare tubuh tidak mendapatkan asupan cairan yang cukup, maka tubuh akan kekurangan cairan yang bisa berakibat dehidrasi.

Sebaiknya, penderita diare apabila sudah akut, sesegera mungkin dibawa ke rumah sakit suapay bisa dipasangkan infuse untuk menggantikan cairan tubuh ia yang telah hilang.

Anda juga bisa memberikan teh tawar hangat supaya perutnya menjad hangat dan juga untuk mempercepat proses berhentinya diare.

  1. Halusinasi

orang yang mengalami diare akut, biasanya akan mengalami mata berkunang-kunang dan halusinasi. Hal ini terjadi karena menurunnya kesadaran akibat dari banyaknya cairan yang keluar saat diare.

  1. Kehilangan kesadaran

Kehilangan kesadaran biasanya terjadi jika diare sudah sangat akut dan terjadi dehidrasi. Jika sudah begini, sebaiknya segera bawa kerumah sakit supaya mendapatkan perawatan.

Biasanya dokter akan memasangkan infuse untuk menggantikan cairan tubuh ia yang hilang sekaligus untuk energy dia.

  1. Kematian

Jangan dianggap remeh masalah diare. Jika tidk ditanggani secara cepat dan benar, bisa mengakibatkan kematian.

Sudah banyak sekali contoh kasus kematian yang disebabkan oleh diare. Paling banyak adalah jenis diare yang disebabkan oleh virus.

Orang yang menderita diare, cenderung akan kehilangan banyak cairan tubuh yang memicu terjadinya dehidrasi.

Kurangnya pengetahuan akan hal ini, yang biasanya menyebabkan penderita diare lambat mendapatkan penanganan medis sehingga berujung pada kematian.

Dan balitalah yang rawan meninggal akibat diare karena sistem daya tahan tubuh mereka yang masih sangat lemah.

Baca Artikel Lainnya :

Demikianlah. Ulasan tentang dampak yang terjadi akibat diare. Dengan kita mengetahui cara penangananya, semoga bisa terhindarkan dari berbagai hal di atas. Semoga artikel ini bermanfaat..

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *