Darma Ayu, Perempuan Ayu yang Menjadi Cikal Bakal Kota Indramayu

Darma Ayu, Perempuan Ayu yang Menjadi Cikal Bakal Kota Indramayu – Berdasarkan laman website pemerintah daerah kota indramayu, sejarah kota ini diawali dari bukti sejarah Babad Dermayu.

Kata Indramayu berasal dari kata DARMA AYU, yang menurut salah satu sumber sejarah berasal dari seorang perempuan cantik bernama Nyi Endang Darma.

kuliner

Nyi Endang Darma adalah salah satu penduduk padukuhan di daerah sungai Cimanuk yang dibangun oleh Raden Aria Wiralodra, seorang keturunan bangsawan yang berasal dari Bagelen Jawa Tengah.

Menurut riwayat, Nyi ENdang Darma adalah seorang perempuan cantik yang memiliki kesaktian mandraguna. Ketenarannya kemudian mengundang seorang Pangeran Guru dari Palembang untuk membuktikannya sendiri.

Pangeran Guru datang bersama 24 orang muridnya dengan niatan untuk menantang Nyi Endang Darma dalam sebuah pertarungan guna membuktikan kesaktian yang ia miliki.

Namun rupanya, Nyi Endang lebih tangguh, Pangeran Guru dan 24 orang muridnya terbunuh dalam pertarungan tersebut.

Mereka pun dimakamkan di sebuah makam yang dikenal dengan ‘Makam Selawe’ atau makam dua puluh lima untuk menyebutkan bahwa ada 25 orang yang dikuburkan di sana.

Mendengar berita tersebut rupanya menarik perhatian Raden Aria Wiralodra untuk menemui Nyi Endang Darma.

Mereka pun terlibat sebuah pertarungan sengit. Sayangnya, Raden Aria Wiralodra memiliki kesaktian jauh di atas Nyi Endang Darma sehingga beliau kewalahan menghadapi serangan bertubi yang diarahkan kepadanya.

Setelah merasa terpojok, Nyi Endang Darma pun mengaku kalah dengan menyeburkan dirinya ke aliran sungai Cimanuk.

Raden Aria Wiralodra pun mengajak Nyi Endang Darma untuk kembali pulang ke pedukuhan dan bersama-sama membangun desa. Namun, hal ini ditolak oleh Nyi Endang Darma.

Nyi Endang Darma kemudian berpesan, “Jika tuan hendak memberi nama pada pedukuhan ini, maka berikanlah nama hamba.

Permintaan ini hamba rasa tidak berlebihan mengingat hamba pun ikut andil dalam membangun daerah ini,” ujar Nyi Endang Darma. Maka, dipenuhilah pesan tersebut oleh Raden Aria Wiralodra.

Baca Artikel Lainnya :

Pedukuhan itu kemudian dinamakan “Darma Ayu” yang berasal dari nama Nyi Endang Darma yang ayu atau cantik. Pada kemudian hari nama Darma Ayu berkembang menjadi Indramayu.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *