Dasar-dasar Strategi Pemasaran dalam Berbisnis

Dasar-dasar Strategi Pemasaran dalam Berbisnis – Dalam berbisnis diperlukan sebuah strategi pemasaran agar target yang kita inginkan dapat tercapai.

Untitled

Adapun strategi-stategi pemasaran yang harus dilakukan adalah :

Penentuan Sebuah Pasar (Market)

Seorang entrepreneur harus memilih pasar yang tepat, jenis pasar apa yang akan dilayani. Strategi pemasaran merupakan awal dari semua upaya yang akan kita lakukan yaitu segmentasi pemasaran.

Segmentasi pemasaran merupakan pengelompokan pasar untuk membermudah bagaimana kita memperlakukan suatu pasar.

Dalam memulai sebuah usaha atau bisnis, segmentasi pasar yang tepat dapat mengefektifkan modal awal suatu usaha apalagi jika modal yang dimiliki tidak banyak atau minim.

Apabila kita sudah melakukan segmentasi pasar yang tepat dilanjutkan dengan targeting, harus sesuai untuk target pasar yang harus dituju.

Misalnya Mercedes Benz mensponsori untuk lomba Band antar SMA, ini kan sulit mendapatkan respon pasar yang cepat. Akan lebih efektif bila target pasarnya adalah Lomba Golf.

Perencanan dalam suatu produk

Dalam berbisnis diperlukan sebuah penyusunan perencanaan suatu produk sebelum produk diluncurkan ke pasar. Contohnya adalah dalam menentukan kemasan, volume produk, tokoh dalam iklan dan iklan itu sendiri.

Sekarang banyak kecap yang dijual dalam bentuk sachet Rp. 1000, kenapa? Iklan produk kecap juga menggunakan artis yang digandrungi oleh wanita, kenapa? Semua itu perlu dilakukan agar produk yang akan diluncurkan menarik bagi konsumen serta dapat bersaing di pasar.

Manajemenharga yang bisa bersaing

Upaya yang paling efektif untuk bersaing di dunia bisnis adalah dengan manajemen harga. Manajemen harga dapat dimulai dari perhitungan yang matang secara internal kemudian baru dibandingkan dengan lawan atau pesaing dalam berbisnis.

Cara sederhana dalam manajemen harga bisa diawali dengan harga pada saat promosi, harga agen/reseller, harga eceran dan sebagainya. Strategi manajemen harga harus selalu kreatif misalnya beli 10 buah gratis 1 buah atau beli 2 gratis piring attau mangkuk cantik.

Distribusi Produk

Bagian yang cukup menguras energy adalah bagian distribusi karena ditentukan oleh efektifitas dan efisiensi. Hal ini karena ada 3 pihak yang harus dipuaskan yaitu produsen, konsumen, agen atau reseller.

Layanan dari distribusi akan dirasakan oleh semua pihak karena dunia bisnis merupakan sebuah rantai yang terkait satu sama lain dan tidak akan berjalan baik tanpa adanya salah satu pihak tersebut.

Sebagai contoh keunggulan produk buku dari Gramedia merupakan strategi pemasaran yang baik karena pemasaran yang menyatu.

Gramedia merupakan produsen buku sekaligus distributor buku yang mempunyai took buku di berbagai kota di seluruh Indonesia. Strategi ini merupakan strategi pemasaran yang integratif.

Komunikasi dan promosi yang baik

Komunikasi dan promosi yang baik dan tepat sasaran akan menghasilkan target yang diinginkan. Komunikasi harus disusun baik karena menjadi lini pada awal pertemuan atau informasi-informasi yang disampaikan ada didalamnya.

Penerapan pendekatan pemasaran, promosi penjualan, hubungan relasi, sistem publikasi, pembentukan media pendukung serta penjualan langsung merupakan sebuah komunikasi pada konsumen.

Komunikasi serta promosi yang tepat dapat meningkatkan persepsi suatu pasar, dengan kata lain bisa meningkatkan penjualan.

Baca Artikel Lainnya :

Sebagai contohnya adalah sebuah produk Obat Penghilang Nyeri untuk kaum wanita khususnya pada saat menstruasi atau datang bulan. Jika dilihat komposisinya obat itu juga bisa digunakan oleh kaum pria.

Karena adanya komunikasi dan promosi yang baik dalam pemasaran produk tersebut maka akan menarik konsumen untuk membelinya. Dengan demikian target pasar akan cepat didapatkan sesuai yang diharapkan.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *