Daun Binahong, Tanaman Hias yang Penuh Manfaat

Daun Binahong, Tanaman Hias yang Penuh Manfaat – Tanaman dengan nama binahong mungkin masih jarang kita dengar di Indonesia.

Tanaman rambat ini memang berasal dari Korea dan Afrika. Binahong masuk dalam genus basella dengan nama latin basella rubba liin.

laptop

Di Indonesia, binahong lebih dikenal dengan nama gondola atau lembayung. Tanaman ini pun lebih banyak difungsikan sebagai tanaman rambat hias.

Padahal ternyata tanaman hias ini memiliki begitu banyak manfaat serta berkhasiat bagi kesehatan dan kecantikan kulit wajah.

Daun binahong rupanya sangat baik untuk membantu mengurangi jerawat bahkan yang sudah meradang, merah, dan meninggalkan bekas bopeng di wajah.

Caranya adalah dengan merebus daun binahong dan digunakan sebagai air untuk membasuh atau mencuci muka. Lakukan secara rutin sehari dua kali. (Baca Juga : Kasifikasi Binahong)

Selain berfungsi untuk kecantikan, daun ini juga memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Seperti menurunkan kolesterol jahat, menetralkan asam lambung, mengurangi asam urat, dan masih banyak lagi lainnya.

Caranya adalah dengan merebus daun binahong dan meminumnya secara rutin tiap hari. Harus diingat pula jika pengobatan tradisional berbahan alami seperti ini tidak dapat dilakukan dengan instan.

Jika daun binahong ditumbuk, ia dapat digunakan untuk mengobati luka luar agar cepat kering dan sembuh.

Bahkan dapat pula dijadikan obat sembelit dengan cara merebus daun binahong segar dan menjadikannya lalapan saat santap makan.

Tak ingin repot? Saat ini sudah dapat ditemui ekstrak daun binahong untuk mengatasi berbagai keluhan kesehatan.

Cara menanam dan merawat tanaman ini pun cenderung mudah. Untuk menanam binahong bisa dilakukan dengan menanam umbinya atau menggunakan teknik stek pada batangnya.

Agar daun tumbuh lebih tebal dan pasar maka ada baiknya jika setelah mulai tumbuh tanaman ini dipindahkan langsung di tanah, tanpa menggunakan pot. Jangan lupa sediakan pula media rambatnya.

Ada dua warna binahong, merah dan putih. Cara membedakannya adalah dengan melihat warna batang dan tulang daunnya.

Baca Artikel Lainnya :

Daun binahong merah dapat dimasak sebagai sayur atau lalapan. Sedangkan buahnya dapat diperas dan dijadikan pewarna makanan alami.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *