Daun Sirih Merah, Si Antioksidan Alami

Daun Sirih Merah, Si Antioksidan Alami – Piper Ornatum adalah nama latin tanaman yang berasal dari pulau Sulawesi ini. Daun sirih merah masih merupakan kerabat dari tanaman lada.

Khasiatnya sebagai salah satu bahan bagi pengobatan herbal pun sudah banyak dikenal. Mulai dari mengobati serta meringankan batuk, anti kanker, menyembuhkan ambeien, menghilangkan gatal, menghentikan peradangan, dan sejuta manfaat lain bagi kesehatan.

laptop

Nah rupanya selain berfungsi pada pengobatan herbal, daun sirih merah pun memiliki khasiat bagi kecantikan lho. Penasaran kan, apa saja sih manfaat daun sirih merah bagi kecantikan?

Khasiat Daun Sirih Merah Bagi Kecantikan

Pada daun sirih merah terdapat beberapa senyawa kimia yang baik bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah senyawa flavonoid yang memiliki fungsi sebagai antioksidan.

Senyawa ini antara lain dapat melindungi kulit dari efek jahat akibat paparan sinar matahari, debu, dan polusi.

Sinar matahari yang menerpa wajah secara terus menerus dapat menjadikan kulit menjadi kering, kusam, berjerawat bahkan berisiko akan dampak penuaan dini. Selain melindungi kulit, berkut adalah beberapa khasiat lain daun sirih merah bagi kecantikan :

  1. Membersihkan kulit
  2. Antioksidan
  3. Mengobati jerawat
  4. Menghaluskan kulit
  5. Mengatasi keputihan
  6. Menghilangkan bau badan
  7. Menghilangkan bau mulut, dan lain sebagainya.

Umumnya daun sirih merah dikonsumsi dengan cara direbus, lalu diminum. Namun jika tak tahan dengan rasa pahit yang menyertai, sekarang banyak ditemui ekstrak daun sirih merah dalam bentuk kapsul atau kaplet.

Pilih yang sudah memiliki BPOM resmi ya agar terjamin kandungan dan terjaga keamanannya.

Selain dikonsumsi, daun sirih merah juga dapat digunakan sebagai campuran air dalam membilas tubuh atau bagian tubuh yang memiliki bau kurang sedap.

Rebus beberapa lembar daun sirih merah, gunakan untuk berkumur, membasuh muka, membasuh bagian kewanitaan, atau campurkan  dengan air dingin dan gunakan untuk mandi.

Cara lainnya dengan menumbuk daun sirih merah hingga halus, campur dengan madu atau putih telur dan gunakan sebagai masker wajah.

Baca Artikel Lainnya :

 

 

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *