Daya Tarik Wisata Taman Mini Indonesia

Taman Mini Indonesia (TMII) merupakan taman wisata rekreasi terbesar yang ada di Indonesia. Lokasinya berada di kawasan Jakarta Timur dengan 150 hektar luasnya. Di sana menggambarkan kebudayaan nusantara sekaligus danau miniatur yang sangat mirip dengan bentuk kepulauan negara Indonesia dari Sabang hingga Merauke.

fi 76

Terdapat juga warisan kebudayaan berbagai suku bangsa di tanah air, mulai dari pakaian adat, tarian tradisional, rumah adat, rumah ibadah, museum dan lain sebagainya.

Perencanaan pembangunan TMII dilakukan pada masa pemerintahan mantan presiden Indonesia, Soeharto di tahun 1970. Pembangunan TMII diusulkan oleh Ibu Tien, istri Bapak Soeharto yang ingin membangkitkan kebanggaan rakyat terhadap kebudayaan nusantara yang begitu beragam. Taman wisata budaya ini mulai dibangun di tahun 1972 dan resmi dibuka pada tanggal 20 April 1975. Ada banyak hal unik dan daya tarik yang bisa ditemukan di Taman Mini Indonesia Indah.

Anjungan Daerah

Anda bisa melihat aneka kebudayaan yang berbeda dari 34 provinsi di Indonesia, mulai dari pakaian adat tradisional, rumah adat, busana pernikahan, alat rumah tangga hingga senjata khas dari masing-masing daerah.

Bangunan keagamaan

Terdapat berbagai rumah ibadah dari tiap agama resmi yang ada di Indonesia, antara lain Masjid Pangeran Diponegoro, Gereja Protestan Haleluya, Gereja Katolok Santa Catharina, Vihara Arya Dwipa Arama, Pura Panataran Agung Kertabumi, Sasana Adirasa Pangeran Samber Nyawa dan Kuil Konghucu Kong Miao.

Sarana rekreasi

Terdapat berbagai sarana rekreasi untuk keluarga yang bisa Anda nikmati di kawasan Taman Mini Indonesia Indah, antara lain:

  • Istana Anak-anak Indonesia.
  • Kereta gantung.
  • Perahu angsa.
  • Snow Bay.
  • Pusat Peragaan IPTEK.

Taman

Terdapat aneka taman dengan koleksi flora dan fauna yang ada di Indonesia, mulai dari taman anggrek, apotek hidup, kaktus, melati, berkisar, burung, bunga keong mas hingga aquarium ikan air tawar.

Museum

Ada banyak museum yang ada di TMII, antara lain Museum Indonesia, Museum Keprajuritan, Museum Perangko, Museum Pusaka, Museum Transportasi, Museum Listrik dan Energi Baru, Museum Minyak dan Gas Bumi, Museum Telekomunikasi, Museum Olahraga, Museum Asmat, Museum Komodo dan Museum Serangga.

Teater

Terdapat beberapa macam teater yang menampilkan aneka pertunjukan berbeda di TMII, antara lain:

  • Teater IMAX Keong Mas, menyajikan film tentang kebudayaan, lingkungan Indonesia dan film box office.
  • Teater Tanah Airku, menyajikan pertunjukan seni dengan teknologi teater yang modern dan canggih.
  • Teater 4D, menyajikan pengalaman menonton dengan efek 4 dimensi yang seru dan menyenangkan.

Selain beberapa hal di atas Taman Mini Indonesia Indah juga menyediakan fasilitas pusat informasi, wisata kuliner, cafeteria, restoran, pasar dan lain sebagainya. Tempat ini sangat cocok dikunjungi untuk berwisata budaya bersama keluarga tercinta.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *