Dedaunan Berwarna Merah Terang Di Kawaguchiko Sebagai Objek Wisata Menarik Dunia

Pernahkah anda berpikir tentang kenapa daun berwarna hijau ? Mungkin karena banyak terdapat klorofil di dalamnya yang membuat daun berwarna hijau, namun jika warna daun tidak hijau maka apa yang membuat mereka mempunyai warna – warna berbeda yang cantik ?

Di dalam kloroplas daun, tidak hanya terdapat klorofil yang menjadi zat utama penyebab warna hijau pada daun. Di dalam kloroplas terdapat carotenoids, phycocyanin, phycoerythrin, dan fucoxanthin. Masing – masing daun memiliki satu jenis kloroplas yang dominan.

n 81

Sebagian besar daun – daun pada pohon banyak mengandung klorofil, karena itulah kebanyakan daun berwarna hijau. Namun ada beberapa jenis daun yang mempunyai jumlah klorofil sedikit, sehingga warnanya menjadi tidak hijau.

Misalnya, tumbuhan yang mengandung banyak carotenoids akan mempunyai daun yang berwarna kuning. Meskipun strukturnya berbeda dengan klorofil, carotenoids dan lainnya berfungsi yang sama dalam melangsungkan proses fotosintesis.

Pada umumnya warna daun dipengaruhi oleh zat hijau daun ( klorofil ) yang menyebabkan warna daun menjadi hijau. Sebagian besar klorofil terkandung di dalam daun, namun pada bagian – bagian tanaman lain seperti akar, batang, buah, biji, dan bunga, terdapat klorofil dengan jumlah terbatas. Distribusi klorofil pada daun sifatnya berbeda – beda.

Klorofil di pangkal daun akan berbeda dengan klorofil di bagian ujung, tengah, dan tepi daun. Perbedaan jumlah klorofil ini akan menunjukkan perbedaan warna daun. Semakin hijau warna daun maka semakin tinggi kandungan klorofilnya.

Terdapat 3 komponen yang menjadi faktor penunjang penampilan pada warna daun. Komponen tersebut adalah klorofil yang sebagai pembentuk warna hijau untuk proses fotosintesis, karotenoid (karoten dan atau xanthofil) yang memberi warna oranye atau kuning, tannin yang memberikan warna kuning keemasan, serta anthocyanin yang memberi warna merah atau ungu.

Klorofil dan karotenoid berada di dalam daun selama musim panas dengan jumlah dua kali lebih banyak dan akan menutupi warna karotenoid, sehingga sebagian besar daun menjadi berwarna hijau. Anthocyanin diproduksi sebagai hasil dari glukosa yang terjebak dalam daun saat ada pembuluh darah daun dalam kondisi tertutup.

Gula ini akan pecah karena terkena cahaya matahari dan menghasilkan pigmen yang berwarna merah dan ungu. Pada kondisi eksisting, tidak semua daun tanaman selalu berwarna hijau, sewaktu – waktu daun bisa berwarna kuning, merah, bahkan cenderung biru.

Hal tersebut disebabkan  adanya zat terlarut yang berfungsi menghasilkan warna – warna tertentu. Beberapa diantaranya adalah anthocyanin dan anthoxanthin. Anthocyanin berada di sitoplasma dan menimbulkan warna merah muda, merah tua, dan biru.

Warna – warna tersebut akan berubah mengikuti derajat keasaman ( pH ) lingkungan dimana tanaman tumbuh. Semakin asam ( pH rendah ) lingkungan maka akan muncul warna merah, sebaliknya semakin basa ( pH tinggi ) akan muncul warna biru pada daun.

Anthoxantin juga berada di sitoplasma tetapi memiliki warna lain yang dihasilkan adalah kuning muda hingga kuning tua. Kondisi dimana kedua zat ini bercampur di sitoplasma dan pada akhirnya muncul warna yang tidak sesuai dandisebut ko – pigmentasi.

Momiji Fuji Kawaguchiko.

Momiji Fuji adalah nama pohon yang dalam bahas Inggris dikenal dengan nama pohon Maple. Pohon ini spesial tumbuh semakin subur saat musim gugur, sebelum daunnya berguguran satu per satu, dimana pohon ini bakal mengganti warna daun yang tersisa menjadi merah.

Karena pohon ini terlalu eksotik dan hanya tumbuh di Jepang saja maka di negara ini dikenal istilah momiji – an, adalah objek wisata yaitu melihat pemandangan pohon momiji fuji yang berdaun merah. Di Indonesia, terdapat pohon momiji fuji di pulau Jawa tapi daunnya hijau semua.

Kegiatan wisata yang akhir – akhir ini paling banyak digemari oleh para backpacker asal mancanegara adalah jalan – jalan mendaki gunung Fuji, bisa anda lakukan pada minggu pertama bulan November dimana di Jepang juga sedang libur nasional.

Mendaki gunung Fuji adalah ikon paling terkenal sebagai objek wisata milik Jepang. Akan tetapi, tujuan mereka yang sebenarnya adalah bukanlah untuk mendaki gunungnya, melainkan hanya sekadar momiji – an. Momiji yang paling terkenal adalah di kawasan wisata Kawaguchiko.

河口湖 atau kawaguchiko atau danau Kawaguchi adalah tujuan utama wisata alam momiji – an ke Jepang. Danau ini berlokasi di kota Fujikawaguchiko, prefektur tak bergunung.

Di sini anda bisa melihat pegunungan dalam balutan warna – warna daun pohon momiji, danau, dan gunung fuji yang putih ditutup salju. Danau ini letaknya di Yamanashi Prefecture, yang kalau di Indonesiakan menjadi daerah / prefektur tak bergunung (山梨県).

Dari Toyohashi, danau Kawaguchi bisa ditempu dengan memakan waktu sekitar 3 jam perjalanan memakai mobil, lewat tol. Anda harus membayar perjalanan lintas tol seharga tol di Jakarta, Indonesia, tapi mata uangnya berbeda.

Di Indonesia sekitar Rp. 5000 tol dalam kota. Di sini mobil dilarang berhenti di gerbang tol, bayarnya juga tidak cash, tapi langsung debet kartu seperti kartu ATM atau pascabayar  (tagihan akan datang ke rumah si pemilik mobil tiap awal bulan berikutnya).

Anda bisa berangkat dari Toyohashi sekitar jam 5.30 tepat atau 7.30 dan tiba di tujuan sekitar jam 10 atau jam 11.

Perjalanan selalu lancar yaitu melalui dua kali berhenti di rest area tol untuk ke kamar kecil atau saat akan masuk jalur terowongan sesaat sebelum anda tiba di daerah Kawaguchiko. Kabut tebal mulai turun dan sangat parah menutupi jalan raya, jarak pandang paling kuat cuma 10 meter saja.

Ajaibnya, setelah anda lewat terowongan yang bisa menembus gunung Naon yang cukup tinggi, maka anda akan tiba di daerah terang – benderang dengan jejeran pepohonan unik dan cantik berwarna kuning merah keemasan di kanan kiri jalan.

Setelah melewati pintu gerbang depan Fujikyu, anda bisa mengambil jalan pintas yang melingkari danau. Perjalanan selanjutnya memakai kereta gantung murah bolak – balik dengan hanya mengeluarkan sewa sekitar 560 yen, diskon grup untuk 15 orang.

Baca Artikel Lainnya :

Sampai di atas pegunungan, pemandangan yang akan anda nikmati sangatlah mengesankan. Ada momiji – an, wisata alam danau dan keajaiban kota di bawah gunung.

Tetapi yang paling menarik menurut turis asing yang pernah berkunjung ke sini adalah wisata momiji – an turut membantu kesuksesan wisata alam di Jepang sebagai hiasan pernak – pernik merah kuning keemasan yang patut untuk anda lihat pertama kali dan diabadikan dengan foto – foto cantik sebagai kenang – kenangan.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *