Deddy Mizwar Aktor dan Direktur Film Indonesia

Deddy Mizwar Aktor dan Direktur Film Indonesia – Deddy Mizwar lahir dari pasangan ibu seorang betawi dan ayah seorang blasteran (indo) ini dilahirkan pada tangal 5 Maret 1955. Deddy Mizwar adalah seorang actor di industry perfilman Indonesia dan juga seorang direktur film.

Saat ini Deddy Mizwar menjabat sebagai ketua Badan Perrtimbangan Perfilman Nasional dan juga menjawat sebgai wakil gubernur provinsi Jawa Barat. Film Deddy Mizwar di tahun 2010, Lucunya Negeri Ini (How Funny This Country is) telah terpilih sebagai film Indonesia untuk Best Foreign Language Film pada ajang penghargaan 83rd Academy Award. Sayangnya film ini tidak masuk ke dalam list finalnya.

Pada tahun 1997, Deddy Mizwar membuat rumah produksi miliknya yaitu PT Demi Gisela Citra Sinema. Hasil dari produksi yang awal adalah sebuah serial televise berjudul Mat angin dan selanjutnya membuat seial di bulan ramdha berjudul Lorong waktu yang ditayangkan hingga enam season.

Tidak hanya itu saja, serial televise seperti Demi masa, kemudian kiamat Sudah dekat yang juga sangat disukai pencinta acara televise. Kemudian ada juga Film berjudul Ketika, Naga Bonar jadi dua yang laris ditonton di bioskop dimana di dalam film ini Deddy Mizwar juga turut bermain di dalamnya. Serial televise yang tayang setiap ramadhan hingga saat ini yaitu Para Pencar Tuhan yang juga sangat terkenal dan terakhir dibuatnya film berjudul Identitas.

Film ini mendapatkan penghargaan piala citra sebagai film yang terbaik dari FFI di tahun 2009. Di dalam semua judul tesebut, Deddy Mizwar selain menjadi produsernya juga sekaligus menjadi sutradara dan turut menjadi actor di dalamnya. Biasanya Film ataupun sinetron yang di produseri, disutradarai oleh Deddy Mizwar mengandung unsure-unsur religi atau juga berisi nilai-nilai social yang patut menjadi renungan bersama.

Karirnya Deddy Mizwar sebagai seorang actor sangat cemerlang. Deddy Mizwar berhasil meraih beberapa penghargaan FFI dan juga FSI. Di tahun 1986, Deddy Mizwar mendapatkan Pemeran Pria Terbaik Di ajang FFI dalam Arie Hanggara, pada tahun 1986 juga menjadi Pemeran Pembantu Pria terbaik di ajang FFI untuk Opera Jakarta.

Di tahun 1987 mendapatkan dua penghargaan dari FFI untuk berperan dalam film naga bonar dan Kuberikan Segalanya. Begitu pula pada tahun 1996 mendapatkan penghargaan dari FSI kemudian di tahun 2007 kembali mendapatkan penghargaan untuk berperan sebagai pemeran utama di film Naga Bonar jadi dua.

Di tahun 2012, Deddy Mizwar masuk ke dunia politik di Indonesia. Hal ini dimulai dengan pencalonannya menjadi wakil gubernur jawa barat di pilkada jawa barat tahun 2013. Dan pada akhirnya Deddy Mizwar dan gubernurnya memenangkan pemilihan umum tersebut.

Saat ini Deddy Mizwar masih menjabat sebagai wakil gubernur jawa barat hingga tahun 2018. Pelantikan Ahmad Hermawan dan Deddy Mizwar menjadi pemimpin di provinsi jawa barat jatuh pada 13 Juni 2013, mereka dilantik di sebuah gedung di Bandung bernama Gedung Merdeka Bandung.

Baca juga : Pencipta Lagu dan Produser Musik Bebi Romeo

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *