Definisi dan Pengertian Biologi Tanah

Definisi dan Pengertian Biologi Tanah – Biologi tanah merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup yang berada dalam tanah misalnya mikroba. Organisme yang menghabiskan sebagian besar siklus kehidupannya di dalam tanah disebut dengan edafon atau biota tanah atau fauna tanah. Munculnya mikrobiologi tanah (1838) setelah legume dapat memperoleh nitrogen dari udara bila ditumbuhkan pada tanah yang tidak dipanasi oleh J.B.Boussinggault mengawali adanya biologi tanah.

orga

Secara umum, biota tanah dikelompokkan menjadi dua yaitu fauna (makro fauna dan mikro fauna) dan mikroflora (ganggang, bakterim cedawan). Menurut ukurannya, biota tanah dibedakan menjadi 3 yaitu makrobia (> 10 mm), mesobia (0.2-10 mm) dan mikrobia (< 0.2 mm). Berdasarkan caranya memperoleh energi, mikrobia dibedakan menjadi dua kelompok yaitu fototrof yang memperoleh energi dari sinar matahari, dan kemotrof merupakan kelompok yang memperoleh energi dari oksidasi dari senyawa anorganik (N).

Menurut spesifikasi fungsi yang dimiliki biota tanah, dapat digolongkan menjadi jasad spesifik fungsional (bersifat spesifik) dan jasad non-spesifik fungsional (tidak spesifik). Dalam interaksi atau hubungan dengan pertumbuhan tanaman, jasad hayati dapat dikelompokkan menjadi 3 yaitu:

  • Biota yang menguntungkan jika pertumbuhan tanaman menjadi baik.
  • Biota yang merugikan jika interaksinya dengan tumbuhan menghasilkan pertumbuhan tanaman menjadi jelek.
  • Biota tanpa pengaruh, jika dalam perkembangannya dan dalam berinteraksi dengan tumbuhan tidak memberikan pengaruh apapun baik pertumbuhan tanaman yang baik ataupun yang jelek.

Tanah tersusun dari bahan padatan (bahan mineral contohnya debu pasir liat dan bahan organik kurang lebih 5% dari berat total tanah), air dan udara. Bahan organik merupakan kumpulan dari berbagai macam senyawa organik kompleks yang sedang atau sudah mengalami dekomposisi. Faktor yang mempengaruhi kadar nitrogen dan bahan organik adalah kedalaman tanah, iklim, tekstur, dan drainase. Semakin ke dalam tanah, maka kadar bahan organik akan semakin berkurang. Dampak dan pengaruh dari bahan organik terhadap sifat tanah dan pertumbuhan tanaman yaitu:

  • Memperbaiki struktur tanah.
  • Sumber unsur hara nitrogen, fosfor, sulfur dan unsur mikro lainnya.
  • Kemampuan menahan air oleh tanah bertambah.
  • Kemampuan tanah menahan unsur hara bertambah.
  • Sumber energi untuk mikroorganisme.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

2 thoughts on “Definisi dan Pengertian Biologi Tanah

    1. Mas Joko Post author

      lmu Biologi Sangat Luas Tergantung bagiamna cara Kita Memanfaatkannya, Ada beberapa Ahli Juga berbeda Tentang Pengertian Biologi, namun Apabila dirunut Mempunyai dasar yang sama.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *