Definisi dan Pengertian Unsur Hara

Untitled

Definisi dan Pengertian Unsur Hara – Tidak hanya manusia dan hewan, tumbuh-tumbuhan juga membutuhkan makanan untuk bertahan hidup. Salah satu jenis makanannya yaitu unsur hara. Pengertian unsur hara itu sendiri adalah nutrisi yang dibutuhkan tanaman yang terbentuk dari bahan organik dan anorganik. Unsur hara dibedakan menjadi dua yaitu:

  • Hara makro

Unsur hara utama bagi tanaman. Hara makro umumnya berupa nitrogen, magnesium, kalium, kalsium dll.

  • Hara mikro

Unsur hara yang memiliki jumlah yang lebih kecil tetapi juga mempunyai peran penting untuk tanaman yaitu unsur Fe, Cu, Zn, Mn dll.

Zat hara makro dan zat hara mikro di atas menjalankan fungsinya masing-masing dalam pengertian unsur hara. Zat hara makro seperti kalium misalnya, unsur ini berfungsi untuk proses fotosintesis, sebagai kekebalan tubuh untuk tumbuhan, akibat dari kekurangan unsur K warna daun tidak dapat berwarna hijau segar. Unsur lainnya seperti nitrogen (N) memiliki peranan yang cukup banyak yaitu merangsang pertumbuhan, melakukan sintesa untuk asam amino dalam tanaman, memberi warna hijau pada daun. Kekurangan unsur nitrogen akan menghasilkan tanaman kerdil.

Dari pengertian unsur hara di atas tidak hanya zat hara utama yang berperan dalam pertumbuhan tanaman tapi juga ada zat hara mikro. Salah satu contoh zat hara mikro yaitu mangan (Mn). Perana dari unsur ini adalah mangan merupakan salah satu penyusun ribosom, selain itu berperan dalam sintesis protein, mengaktifasi sejumlah enzim. Contoh lainnya yaitu seng (Zn). Fungsi dari unsur Zn di antaranya adalh sebagai pengaktif dari beberapa enzim seperti enzim anolase, enzim adolase dll.

Berkaitan dengan pengertian unsur hara yang merupakan zat penting untuk hidup tumbuhan. Ada beberapa faktor yang memperngaruhi banyak atau sidikitnya unsur hara yang tertahan. Salah satunya yaitu perubahan suhu. Suhu yang minimum sangat mengganggu tanaman, karena aktivitas enzim akan melambat. Fotosintesis juga tidak dapat dilakukan sehingga tumbuhan tidak mendapat makanan. Pada suhu yang sangat tinggi akan menyebabkan kelembaban tanah berkurang. Sehingga kemampuan dalam menyerapan zat hara akan menurun.

Biasanya keberadaan unsur hara ini sangat tergantung dengan jenis tanahnya. apabila memang bahan induk yang memungkinkan untuk unsur hara, maka unsur hara yang berada di suatu tempat akan banyak sekali.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *