Dendeng Balado yang Menggugah Selera

 yang Menggugah Selera – Kalau bicara tentang makanan padang hmm,.. semuanya pasti menggugah selera, penggunaan bumbu yang sangat berani dan rasa yang luar biasa enaknya sehingga tidak aneh jika hamper semua masyarakat Indonesia menikmati makanan dari daerah tersebut.dendengbalado

Begitu juga dengan menu satu ini dendeng balado, makanan yang dibuat dengan berbahan dasar daging sapi ini juga sangat digemari pencinta makanan padang tentunya. Rasanya yang pedas dan gurih membuat penikmatnya menjadi ketagihan dan ingin terus nambah.

Sebenarnya cara memasak dendeng balado ini ada dua macam. Ada yang kering dan ada juga yang basah. Ini berkaitan dengan ketahanan dendengnya. Dendeng yang kering tentunya lebih renyah atau krispi dibanding yang basah.

Untuk membuat dendeng balado ini menggunakan daging sapi, lebih bagus kalau yang bagian has dalamnya tetapi sebenarnya bagian daging yang mana saja bisa. Biar lebih jelas lagi yuk kita liat langsung bahan – bahan apa aja yang dipakai dan bagaimana langakh – langkah pembuatannya.

  • Bahan pertama yang digunakan pastinya daging sapi sebanyak 1 kg kalau bisa pakai yang tidak ada lemaknya ya biar hasilnya lebih enak.
  • Daging sapinya potong besar – besar kemudian jangan dicuci dulu, langsung rebus saja sampai airnya mendidih dan kotoran serta darahnya akan keluar semua.
  • Bawang putih sejumlah 6 siung, tiga suing untuk dimasukkan ke rebusan daging dan tiga suing untuk rendaman daging, bawang tersebut buang kulitnya dan dihancurkan kasar saja.
  • Kemudian bawang merah besar sejumlah tiga suing, di haluskan agar dapat dipakai untuk rendaman daging.
  • Lada putih bubuk satu sendok the saja untuk rendaman. Ketumbar juga sama dengan lada putih cukup satu sendok teh saja digunakan untuk rendaman.
  • Garam sedikit untuk rendaman daging, gula pasir untuk merendam daging sedikit, serta air bersih. Untuk baladonya, kita membutuhkan cabai merah 10 sampai 15 buah atau jika ingin lebih pedas bisa lebih banyak lagi.
  • Setelah dicuci tumbuk cabai kasar. Garam satu sendok teh, daun jeruk 2 lembar saja, bawang merah sejumlah 8 siung diiris tipis – tipis, air asam jawa sekitar dua sendok makan, kemudian minyak goring secukupnya.
  • Sebelumnya telah dijelaskan bahwa daging sapinya tidak perlu dicuci tapi langsung direbus sampai mendidih saja.
  • Kemudian daging sapi yang telah direbus sebentar tadi direbus kembali dengan air yang telah dicampur lada, bawang putih yang ditumbuk kasar, dan juga garam sampai daging benar – benar empuk, setelah itu daging sapi tersebut ditiriskan dan dipotong kecil dan lebih tipis.
  • Setelah itu daging sapi yang telah diiris tadi dipukul supaya lebih pipih. Kemudian daging yang telah pipih tersebut dimasukkan kedalam air rendaman yang telah dicampur bumbu seperti bawang putih, ketumbar, bawang merah juga lada putih yang telah dihaluskan dan air asam jawa.
  • Daging sapi tersebut direndam sekitar satu jam agar bumbu dapat meresap ke dalam daging sapinya.
  • Langkah selanjutnya daging tersebut ditiriskan dan digoreng ke dalam minyak yang telah panas dengan api sedang saja hingga daging berwarna gelap setelah itu diangkat, langkah ini dilakukan hingga semua daging tergoreng semua.
  • Kemudian kita akan menumis bahan – bahan untuk membuat baladonya, cabai yang ditumbuk kasar serta irisan bawang merah ditumis dengan minyak goreng lalu tambahkan garam dan air asam jawa sedikit dan jangan lupa tambahkan daun jeruk.
  • Setelah tumisan matang masukkan daging yang telah digoreng tadi kemudian aduk rata dan dendeng balado siap dinikmati.

Baca juga : Resep Perkedel Kentang Daging Yang Lezat

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *