Distribusi, Peranan, dan Keanekaragaman Collembola

Distribusi, Peranan, dan Keanekaragaman Collembola – Distribusi Distribusi Collembola sangat luas karena dapat ditemukan di berbagai macam habitat seperti daerah kutub, gurun, sub tropis, dan daerah tropis. Distribusi Collembola didapat dengan bantuan partikel tanah dan bahan organik, serta bantuan angin atau air. Famili Hypogastruridae dapat ditemukan baik di daerah tropis maupun subtropis.

Untitled

Sedangkan pada Genus Chrematocephalus, jenis C. celebensis mempunyai sebaran yang kosmopolitan, meliputi Jepang, China, Srilangka, Indonesia, Papua, Britania baru, dan Australia. Akan tetapi ada beberapa jenis Collembola terrestrial yang bersifat endemik, bahkan dikenal mempunyai tingkat endemisme yang tinggi. Contoh Xenylla orientalis Handschin, 1932 yang hanya terdapat di pulau Jawa. Endemisme dapat terjadi salah satunya karena seleksi alam, seperti adanya pembatas alam berupa laut, sifat tanah, dan cara penyebaran.

Collembola berperan sebagai pemangsa bagi kelompok Diatomae dan Nematoda. Collembola juga berperan di dalam siklus makanan sebagai perombak bahan organik atau detritivor. Pada sebagian besar populasi Collembola tertentu, pemakanan mikoriza akar dapat merangsang pertumbuhan simbion dan meningkatkan petumbuhan tanaman.Collembola penting dalam merangsang atau menekansimbiosis mikrobial di sekitar akar tanaman.

Collembola mempunyai keanekaragaman jenis yang tinggi sehingga terjadiperbedaan pengklasifikasian Collembola. Beberapa pakar mengelompokkanCollembola sebagai ordo dari kelas Hexapoda atau Insecta. Sedangkan pakar lain mengelompokkan Collembola sebagai taksonkelas yang terpisah dari kelas Insecta.

Penentuan karakter morfologi antara Collembola dan Insecta menunjukkanadanya perbedaan prinsip yang dapat memisahkan Collembola dari kelas Insecta.Karakter-karakter tersebut adalah adanya perbedaan ruas pada kaki, toraks, dan abdomen.Selain itu Collembola mempunyai tabung ventral, furkula, tenakulum, danhanya mempunyai oseli.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *