Durian Montong! Bagaimana Cara Budidayanya

duren7Durian Montong! Bagaimana Cara Budidayanya – Sudah tidak asing lagi bahwa durianmontong merupakan salah satu buah yang memiliki banyak pengeemar di Indonesia. Meskipun banyak orang yang mengatakan bahwa buah ini memiliki aroma yang cukup kuat, hal ini tidak mengurangi cita rasa yang ditawarkan kepada setiap orang yang merasakannya. Hal ini terbukti dengan semakin banyaknya orang yang menyukai buah ini, bahkan sudah banyak pula olahan makanan yang berbahan dasar dari buah ini, mulai dari cake, kue, dodol, bahkan es krim dengan cita rasa duurian seolah tidak pernah sepi penggemar. Oleh karena itu semakin banyak pula orang yang tertarik untuk membudidayakan durian ini sebagai salah satu bisnis yang cukup menggiurkan.

Durian montong merupakan primadona bagi para penggemar durian di Indonesia. Oleh karena itu simak beberapa pedoman dalam membudidayakan durian montong bagi anda yang tertarik untuk turut bergabung dalam usaha pembudidayaan durian montong.

PEMBENIHAN
Di Indonesia sendiri sebagian besar durian masih ditumbuhkan dari benih, walaupun sudah ada beberapa cara untuk pembibitan menggunakan klon. Benih dari durian dapat diperoleh dari supllier yang menyediakan benih maupun anda melakukan pembenihan sendiri.

PEMELIHARAAN DURIAN
Seperti pada tanaman lain pemeliharaan durian ini harus dilakukan secara teratur dan terus menerus, pemeliharaan ini terkait dengan pemberian pupuk yang sesuai dengan kebutuhan daridurian, pembersihan dari gulma dengan cara dibabat agar dapat menjadi mulsa. Pemberian pupuk juga harus menyesuaikan dengan kondisi dari tanaman. Praktek di negara Thailan adalah memberikan pupuk mejemuk di dekat garis tetes segera setelah kuncup bunga mulai muncul, kemudian ditunjang dengan pemberian pupuk diatas tanah setelah ada pembentukan buah yang lebat. Apabila tersedia pupuk kandang (kompos), dapat menggantikan pemberian pupuk terakhir.

HAMA DAN PENYAKIT PADA TANAMAN
Seperti pada tanaman lain hama merupakan salah satu musuh yang harus diatasi, terutama padadurian montong. Penyakit yang sering menyerang adalah penyakit busuk akar, penyakit busuk pangkal batang atau juga kanker bintik yang disebabkan oleh phytopthora palmivora. Jamur ini hidup di dalam tanah dan merupakan penyakit yang sangat ditakuti. Jamur ini bekerja dengan memperlemah pohon dengan menginfeksi akar. Untuk memberantas penyakit ini, usahakan pangkal batang bebas dari tunas lateral setinggi 1 meter atau lebih. Bersihkan juga gulma yang berada disekitar pohon. Serta usahakan agar pengairan pohon tidak membasahi pangkal batang atau tanah yang berdekatan, perhatikan pula agar penyiraman satu pohon tidak membasahi pohon yang lain. Catkan pula pasta fungisida pada pangkal batang durian, serta usahakan untuk sering memeriksa pohon. Hal ini agar dilakukan agar apabila ada pohon yang terinfeksi dapat segera dibersihkan.

PANEN DAN PASCA PANEN
duren8Panen pada pohon durian yang tinggi akan semakin sulit karena sulit untuk menerka kematangan dari buah, hal yang sering dilakukan adalah menunggu sampai buah durianberjatuha. Pemanenan secara selektif juga perlu, serta pemetik yang berpengalaman menggunakan berbagai macam kriteria untuk menaksir kematangan dari buah durian. Hal ini dapat diperkirakan dengan jumlah hari setelah bunga mekar, para pemetik juga mungkin dapat memperhatikan warna dari buah, elastisitas serta letak duri, aroma yang keluar, serta suara yang terdengar apabila jari dijentikkan pada kulit buah durian, cara lain adalah dengan melihat pada perubahan pada tangkai buah serta uji apung pada air.

Penanganan pasca panen juga dapat menentukan kualitas dari durian serta pohon nya, oleh karena itu dibutuhkan orang yang ahli untuk melakukan panen ini.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *